Gempa Kembali Guncang Pakistan, Puluhan Orang Terluka

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVAnews - Setidaknya satu orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka setelah serangkaian gempa bumi menghantam Pakistan selatan, Jumat, 9 Mei 2014.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Tiga gempa kecil melanda daerah sekitar kota Nawabshah di Provinsi Sindh dengan jeda satu jam yang dimulai dari pukul 02.51 dini hari waktu setempat.

"Kami menerima 30 orang korban luka-luka di rumah sakit kami, di antaranya seorang pria berusia 71 tahun meninggal karena luka parah," ujar Mohammad Hashim, seorang dokter senior di rumah sakit sipil Nawabshah, dilansir ABC News.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Hashim juga mengatakan bahwa hingga saat ini lima dari korban luka-luka tersebut mengalami kondisi yang kritis.

Menurut US Geological Survey, tiga gempa tersebut masing-masing berkekuatan 4,5, 4,3 dan 4,6 Skala Richter.

Berdasarkan laporan pejabat di Departemen Meteorologi kota tersebut, titik pusat gempa berlokasi di timut laut dan barat laut Nawabshah. Ketiga gempa itu mengguncang kedalaman yang relatif dangkal yakni sekitar 15 kilometer.

Keadaan darurat dinyatakan di rumah sakit Nawabshah dan kantor distrik. Sekolah dan perguruan tinggi juga ditutup untuk berjaga-jaga, jika terjadi gempa susulan.

Hingga saat ini, pemerintah Pakistan masih berusaha menanggulangi dampak yang ditimbulkan gempa yang juga dirasakan di beberapa kota kecil di sekitar seperti Sakrand, Daur, Daulat, Pur, dan Bandhi.

"Getaran membangunkan kami dan kami berlari keluar dari rumah sambil membaca ayat-ayat Alquran," ujar salah seorang warga di Nawabshah.

Akibat gempa tersebut, dilaporkan banyak atap-atap rumah warga yang hancur. Selain itu, pasokan listrik ke daerah tersebut dikabarkan mengalami gangguan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pakistan memang kerap dilanda gempa. Bulan September lalu, gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter menghantan distrik Awaran di barat daya Provinsi Baluchistan. Peristiwa tersebut menewaskan sedikitnya 376 orang dan menyebabkan 100 ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Pada 2005, tepatnya Oktober, gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter yang melanda Pakistan-Kashmir bahkan menewaskan lebih dari 73 ribu orang dan menyebabkan sekitar 3,5 juta lainnya tunawisma. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya