Kisah Korban Penculikan Boko Haram Dibantu Kabur Teroris

Gadis-gadis korban penculikan Boko Haram di Nigeria
Sumber :
  • REUTERS/Boko Haram handout via Reuters TV

VIVAnews - Lebih dari 200 anak gadis di Nigeria diculik oleh kelompok teroris Boko Haram, sekitar 50 orang di antara mereka berhasil melarikan diri. Seorang gadis korban penculikan mengaku berhasil kabur atas bantuan seorang anggota Boko Haram.

Diberitakan News.com.au, gadis bernama Amina Tsawur, 17, ini diculik bersama dengan ratusan kawan sekelasnya di Borno, wilayah utara Nigeria. Dia lantas dibawa ke suatu tempat, melalui sebuah hutan.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Seorang anggota Boko Haram, kata dia, menyuruhnya untuk berpisah dari rombongan lainnya. Pria itu mengatakan, agar Amina beralasan ingin buang air. Amina menuruti kata-kata dia, lalu berlari kencang ke dalam hutan yang dipenuhi ular.

Dia berhasil mencapai kota Damboa di pinggir hutan, sekitar 50 mil dari Maiduguri, ibukota Borno. Amina adalah satu dari sekitar 50 gadis yang berhasil kabur setelah diculik 14 April lalu.

Amina mengatakan, dia dan kawan-kawannya diculik pukul 11 malam, Senin pertengahan bulan lalu. Dia mengaku sangat ketakutan saat pria-pria berseragam loreng menghampiri mereka. Awalnya, dia mengira itu adalah tentara yang ingin menyelamatkan mereka.

Tapi saat dimasukkan ke dalam truk, barulah Amina tahu itu adalah gerombolan Boko Haram. "Kami mulai menangis dan memohon pertolongan, tapi mereka meminta kami diam atau ditembak," kata Amina.

"Mereka lalu membawa kami ke daerah gurun dan berkendara sepanjang malam dan pagi harinya juga. Saat sampai di suatu tempat, mereka meminta kami memasak, yang lainnya mencuci piring, mengupas jagung dan sayuran lain," kata Amina.

Boko Haram dalam video terbarunya meminta agar pemerintah Nigeria membebaskan tahanan untuk ditukar dengan para gadis. Pemerintah Nigeria menolaknya.

Ahli terorisme Robin Horsfall, veteran pasukan khusus SAS Inggris yang menyerbu Kedutaan Besar Iran tahun 1980, mengatakan bahwa Amina adalah aset berharga untuk menemukan Boko Haram. Maka dari itu, Amina harus dijaga ketat.

"Dia hafal wajah-wajah mereka, bahasa, suku, arah pergerakan, kendaraan dan banyak informasi vital lainnya yang bisa dibagi ke tentara Nigeria," kata Horsfall. (umi)

Kucing Okin Dikabarkan Mati

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Kucing Caracal bernama Nala dikabarkan telah mati, Kamis 28 Maret 2024. Kucing ini dipelihara oleh Okin atau dikenal sebagai Niko Al Hakim, mantan suami Rachel Vennya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024