Snowden: Saya Dilatih Jadi Mata-mata

Edward Snowden
Sumber :
  • abcnews.com

VIVAnews - Mantan agen kontraktor untuk Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), Edward J Snowden, untuk kali pertama buka suara dalam wawancara televisi langsung dari Moskow, Rusia. Dalam wawancara eksklusif stasiun berita NBC Nightly News yang dipandu Brian Williams, Snowden mengungkapkan bahwa dia juga seorang mata-mata.

Kantor berita Reuters, Rabu 28 Mei 2014, melansir pernyataan Snowden itu untuk menepis kritik bahwa dia hanya analis tingkat rendah.

"Bukan rahasia lagi bahwa Pemerintah AS mendapatkan informasi intelijen lebih banyak dan baik dari sistem komputer, dibandingkan dari agen mereka yang ada di seluruh dunia," kata Snowden.

Namun, pria berusia 30 tahun itu menegaskan, agen mata-matanya tetap penting. Dia mengaku dilatih sebagai mata-mata dalam pengertian yang sebenarnya.  "Saya tinggal dan bekerja di luar negeri dengan menyamar. Saya berpura-pura bekerja untuk pekerjaan itu, padahal tidak. Saya juga pernah ditugaskan untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya bukan kewajiban saya," kata Snowden.

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Meski demikian, Snowden lebih memilih untuk menyebut dirinya sebagai ahli teknis. "Saya tidak bekerja dengan orang lain dan tidak merekrut agen baru. Yang saya lakukan hanyalah membuat sistem agar bekerja untuk AS," imbuhnya.

Semua sistem itu, lanjut pria berkacamata itu, diterapkan di semua tingkatan, mulai dari bawah hingga atas. Dia bahkan menyamar untuk dua badan intelijen sekaligus, yakni CIA dan NSA. Snowden juga mengklaim pernah memberi ceramah di Akademi Pelatihan Bersama Melawan Intelijen.  "Di sana saya membangun sumber-sumber dan metode agar informasi dan rakyat kami aman dari lingkungan yang paling membahayakan di seluruh dunia," kata dia.

Jadi, ujar Snowden, ketika orang lain kerap mengkritiknya sebagai administrator sistem tingkat rendah, menurut dia, istilah itu kurang tepat.  "Apabila mereka berpikir saya tidak tahu mengenai apa yang saya bicarakan, itu merupakan informasi yang keliru," kata Snowden.

Namun, dia mengakui ketika bekerja di AS, dia telah bekerja sebagai seorang teknisi untuk perusahaan kontraktor Booz Allen, sebuah perusahaan yang kerap bekerja untuk NSA.


Snowden melarikan diri dari Hong Kong dan diberi suaka sementara di Rusia pada Agustus 2013. Sebelum kabur ke Rusia, Snowden mengaku telah membagikan dokumen rahasia milik NSA ke media yang dia percaya, yakni Washington Post dan The Guardian.

Cerita di media itu pun akhirnya berbuah penghargaan tertinggi di bidang jurnalistik, yakni Pulitzer.

Salah satu cerita yang ramai ditulis media yakni mengenai aksi NSA dalam mengumpulkan pembicaraan telepon jutaan warga AS dan di seluruh dunia. Bahkan, rekaman penyadapan itu juga dilakukan terhadap para pemimpin asing, salah satunya, Kanselir Jerman Angela Merkel.

Akibat dokumen yang dibocorkan oleh Snowden pula, hubungan Indonesia dengan Australia menegang pada tahun lalu. Sebab, bocoran dokumen yang dimuat di media Australia menulis Badan Intelijen Negeri Kanguru, DSD, menyadap pembicaraan telepon Presien SBY, Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan orang lingkaran dalam RI satu.

Wawancara lengkap dengan Snowden akan tayang di stasiun NBC pada Rabu malam ini. (ita)

Persib Bandung Vs Borneo FC

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Duel Persib Bandung vs Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 33 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis 25 April 2024, pukul 19.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024