Ketika Paus dan Netanyahu Berdebat Soal Bahasa Yesus

PM Israel Benjamin Netanyahu bertemu Paus Fransiskus
Sumber :
  • REUTERS/Alex Kolomoisky/Pool

VIVAnews - Pertemuan antara Paus Fransiskus dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diwarnai perdebatan kecil. Pemimpin umat Katolik dan pemimpin Negeri Zionis itu berdebat soal bahasa apa yang Yesus gunakan dua abad lampau.

Dalam pertemuan Senin lalu di Yerusalem tersebut, diberitakan Reuters, Netanyahu mengatakan bahwa Yesus menggunakan bahasa Ibrani, bahasanya kaum Yahudi.

"Yesus dari sini, tanah ini. Dia bicara bahasa Ibrani," kata Netanyahu kepada Fransiskus. Netanyahu ingin menunjukkan adanya hubungan antara Yudaisme dan Kristen.

"Aramaik," kata Fransiskus menyela, membantah pernyataan Netanyahu.

Netanyahu kena pukulan telak karena terbukti salah. Namun dia punya jurus berkelit yang jitu. "Iya, dia bicara Aramaik, tapi bisa juga bahasa Ibrani," tutur Netanyahu.

Berdasarkan sejarah, Yesus atau Nabi Isa al Masih dalam keyakinan umat Islam lahir di Bethlehem, wilayah pendudukan Roma di Yudea dari rahim seorang perawan suci Siti Maryam. Dia tumbuh di Nazareth dan Galilea, yang terletak di utara Israel saat ini. Di Yerusalem, Yesus disalib.

Identitas Yesus ini kerap diperdebatkan dan kadang dipolitisir di Timur Tengah. Warga Palestina menyebutkan bahwa Yesus adalah orang Palestina. Hal ini dibantah oleh Israel.

Professor linguistrik dari Israel Ghil'ad Zuckermann mencoba menengahi perdebatan Paus dan Netanyahu tersebut. Kepada Reuters, dia mengatakan bahwa keduanya bisa jadi benar.

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

"Yesus adalah seorang yang berbahasa Aramaik. Tapi dia juga bisa jadi tahu bahasa Ibrani karena banyak literatur agama dalam bahasa Ibrani," kata Zuckerman.

Di masa Yesus, lanjut dia, bahasa Ibrani digunakan oleh orang-orang kelas bawah. "Untuk orang-orang ini Yesus diturunkan," lanjut Zuckerman lagi.

Gua Milana

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sejumlah pemain bintang Jakarta Pertama Enduro tampil dalam laga persahabatan melawan Red Sparks

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024