Dewan Fatwa Malaysia: Cokelat Cadbury Halal

Cadbury
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna
Ketua Komite Dewan Fatwa Nasional Malaysia Abdul Shukor Husin, mengatakan cokelat produk Cadbury yang sebelumnya dinyatakan mengandung minyak DNA babi (porcine), masih aman untuk dikonsumsi.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Abdul menyebut peristiwa ini termasuk ke dalam kategori
Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?
Umum al-Balwa yang berarti suatu masalah yang menyebar luas dan sulit untuk dihindari.

Dilansir dari laman Malaysia,
The Star
, Kamis 29 Mei 2014, sebelumnya produk cokelat Cadbury telah dinyatakan halal. Meski beberapa produk dengan nomor registrasi tertentu ditemukan mengandung minyak DNA babi.


"Padahal produk yang telah dipasarkan secara luas dan diproduksi melalui proses yang bersih dan bahan-bahan yang halal. Oleh sebab itu, komite memutuskan peristiwa ini sebagai
Umum al-Balwa
," kata Abdul.


Peraturan terkait produk ini, kata Abdul, akan merujuk kepada aturan awal, yakni aman untuk dikonsumsi. "Hal itu karena kontaminasi terhadap produk tersebut di luar dari kendali kita dan sulit untuk dihindari," ujar dia.


Sementara Perusahaan Cadbury di Malaysia telah menarik kembali dua jenis produk Cadbury yang terindikasi mengandung minyak DNA babi.


Dalam akun resmi Facebook mereka pada Sabtu kemarin, Cadbury mengatakan tengah meninjau secara menyeluruh terkait aliran distribusi untuk memastikan bahwa semua produk sesuai dengan standar kualitas mereka.


"Kami ingin memastikan kembali kepada konsumen kami bahwa semua cokelat Cadbury yang diproduksi di Malaysia telah mengantongi sertifikasi halal dari Jakim (Departemen Pengembangan Islam Malaysia). Di dalamnya kami menyertakan informasi lokasi dan bahan mentah yang digunakan untuk memproduksi produk tersebut," tulis perwakilan Cadbury di sana.


Kementerian Kesehatan Negeri Jiran pada akhir pekan kemarin memastikan bahwa terdapat elemen nonhalal dalam dua jenis produk Cadbury, yaitu Cadbury Dairy Hazelnut dan Cadbury Milk Roast Almond.


Menurut Direktur Jenderal Kemenkes Malaysia Noor Hisham Abdullah, pengujian telah dilakukan untuk membuktikan spekulasi yang selama ini beredar di media sosial sejak 23 Mei kemarin.


Dia mengatakan ada dua dari tiga jenis yang positif mengandung minyak DNA babi. Kedua produk tersebut yakni Cadbury Dairy Milk Hazelnut dengan nomor registrasi 200813M01H I2. Produk ini sebaiknya dikonsumsi terakhir kali pada 13 November 2014.


Satu lagi yaitu Cadbury Dairy Milk Roast Almond dengan nomor registrasi 221013N01R I1 dan sebaiknya dikonsumsi terakhir pada 15 Januari 2015. Namun untuk produk ketiga, Cadbury Dairy Milk Chocolate, terbukti tidak mengandung elemen nonhalal.


"Kementerian Kesehatan menyarankan kepada publik untuk secara teliti membaca nomor registrasi yang tertera di dalam produk itu sebelum membelinya," kata dia.


Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, menyatakan Cadbury jenis Milk Hazelnut tidak terdaftar di BPOM.


Berdasarkan rilis yang diterima
VIVAnews
Kamis kemarin, belum ada surat keterangan impor (SKI) yang diterbitkan oleh Badan POM terkait kedua produk tersebut. Apabila kedua produk itu ditemukan di pasaran, maka itu adalah produk ilegal. [Baca ] (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya