12-6-1964: Rezim Apartheid Penjarakan Nelson Mandela

Nelson Mandela saat berusia muda
Sumber :
  • African National Congress

VIVAnews - Pada 50 tahun lalu, Nelson Mandela, pemimpin kelompok perjuangan anti-apartheid di Afrika Selatan (Afsel), divonis penjara seumur hidup oleh hakim pengadilan di kota Pretoria. Pengadilan menyatakan dia bersalah karena menyabotase rezim koloni kulit putih di negara itu.

Menurut stasiun berita BBC, tujuh pejuang anti apartheid juga divonis penjara seumur hidup. Sebagai aktivis Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) - yang dinyatakan terlarang - Mandela dan kawan-kawan gigih berjuang mengakhiri tekanan rezim kulit kutih atas mayoritas warga Afrika Selatan yang berkulit hitam.

Pada tahun 1960 gerakan ANC dinyatakan sebagai tindakan makar menyusul pembantaian Sharpeville.

Bagi Mandela, itu merupakan kali kedua dia diadili oleh pemerintah setelah tahun 1956. Namun pengadilan kali ini membuat dia dipenjara.

Kiprah Mandela tidak sampai di situ. Setelah hampir 27 tahun menjadi  penghuni penjara di Robben Island, pada tahun 1990 Mandela akhirnya dibebaskan. Tiga tahun kemudian, mantan petinju itu juga meraih Nobel Perdamaian bersama presiden Afsel, FW de Klerk.

Bahkan pada 1994, Mandela menjadi warga kulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel melalui pemilu yang bebas. Lima tahun kemudian, Mandela mengundurkan diri dari jabatan presiden dan sejak saat itu berkelana ke mancanegara mengkampanyekan perdamaian dan lebih dikenal sebagai negarawan senior.

Namun, seiring bertambahnya usia, kesehatan Mandela kian menurun. Menurut stasiun berita CNN, Mandela harus dirawat intensif selama berbulan-bulan di suatu rumah sakit di Kota Pretoria sejak 8 Juni 2013 karena infeksi penyakit paru-parunya kambuh.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dia diketahui menderita sakit paru-paru saat menjadi napi politik selama 27 tahun di Pulau Robben di masa rezim apartheid. Mandela wafat pada 5 Desember 2013 di usia 95 tahun. 

Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024