Menolak Bayar Suap, Perempuan di India Diperkosa

Lemahnya perlindungan hukum, baik dari sisi undang-undang maupun penegakan hukum membuat kasus-kasus kejahatan seksual terus berulang.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Prastowo
VIVAnews -
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
Kasus perkosaan kembali terjadi di India. Korbannya adalah seorang perempuan awal pekan ini, 9 Juni 2014, di sebuah pos polisi di Distrik Hamirpur. Saat itu dia ingin memastikan apakah suaminya sudah dibebaskan polisi.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Dilansir dari harian
MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya
Tribune Pakistan , Kamis 12 Juni 2014, pemerkosaan itu terjadi pukul 23:30 malam.


"Saat itu tidak ada satu orang pun di pos itu. Kemudian seorang sub inspektur membawa saya ke ruangannya dan memperkosa saya di dalam pos polisi," ungkap perempuan yang tidak disebut namanya itu kepada
CNN-IBN
.


Akhirnya, Rabu kemarin, dia melaporkan kasus perkosaannya kepada polisi. Korban berpendapat, dia diperkosa karena menolak membayar uang suap untuk membebaskan suaminya.


Pejabat polisi dari Hamirpur, Virendra Kumar Shekhar berjanji akan memproses laporan itu sesuai prosedur hukum yang berlaku. Sementara itu, sub-inspektur polisi Balbir Singh mengatakan, korban menyebut dia diperkosa oleh empat anggota polisi yang tengah berada di pos.


Kasus pemerkosaan itu terjadi tidak lama setelah dua remaja putri berusia 12 dan 14 tahun ditemukan tewas tergantung di pohon mangga dekat rumah mereka. Sebelum digantung, kedua korban yang merupakan sepupuan itu terlebih dulu diperkosa.


Mereka dilaporkan tengah mencari toilet umum, karena tidak memiliki fasilitas itu di rumahnya. Di sana lah mereka diserang.


Perdana Menteri Narendra Modi akhirnya bersuara soal masih ramainya tindak pemerkosaan di India. Dia menyerukan kepada para politisi agar bekerja sama untuk melindungi kaum perempuan.


Modi memperingatkan para politisi agar tidak mempolitisir kasus pemerkosaan, dengan mengatakan hal tersebut sama saja dengan memainkan martabat perempuan. Pernyataan itu dia sampaikan dalam pidato pertamanya di hadapan parlemen, sejak dia terpilih sebagai pemenang pemilu bulan lalu.


India telah mengesahkan hukuman mati bagi pelaku pemerkosaan beramai-ramai, apabila korban dinyatakan tewas. Hukuman itu diputuskan, usai mendengar kemarahan publik atas aksi pemerkosaan terhadap seorang mahasisiwi yang terjadi pada Desember 2012 lalu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya