Tentara Irak Keok, AS Sia-sia Habiskan Rp177 Triliun

Sumber :
  • Ali al-Mashhadani/Reuters

VIVAnews - Amerika Serikat telah merogoh kocek US$15 miliar atau lebih dari Rp177 triliun untuk melatih dan mempersenjatai tentara Irak. Namun ini sia-sia, tentara negara itu terbukti tidak siap perang. Buktinya mereka keok menghadapi serangan teroris ISIS.

Ketika tentara ISIS menyerang kota Mosul awal pekan ini, tentara bukannya melawan. Mereka malah lepas seragam dan menjatuhkan senjata, kabur bersama warga. Padahal selama berada di Irak, tentara AS telah memberikan berbagai pelatihan dan bantuan senjata. Diharapkan, tentara Irak bisa mandiri melawan teroris setelah ditinggal pasukan AS pada 2011 lalu.

Menurut TIME, Kamis 12 Juni 2014, pelatihan Amerika pada tentara Irak terlalu fokus pada melawan pemberontakan, bukan berperang dengan kekuatan paramiliter seperti ISIS. Tentara di Mosul mengakui, ISIS yang lincah di pertempuran kota bukan tandingan mereka.

Selain itu, korupsi, rasa takut dan perpecahan telah menghantui tentara Irak dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, wabah desersi juga menghinggapi kemiliteran Irak. Menurut penyelidikan New York Times, sekitar 300 tentara per hari desersi di negara itu.

Salah satunya adalah Bashar al-Halbousi yang desersi dua minggu lalu setelah melihat kawannya ditembak mati sniper. "Negara ini lemah. Ini akan menjadi pertempuran yang tanpa akhir," kata Halbousi.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Militan di Irak diakui para tentara sangat gigih menyerbu. Jika senjata mereka habis, teroris ini tidak segan meledakkan diri. Hal ini membuat salah seorang tentara bernama Mohamed ketakutan setengah mati. Delapan kawannya tewas, dia juga hampir mati saat mortir meledak di kendaraan tempur mereka. "Saya lelah. Semua tentara lelah," kata dia.

Beberapa tentara mengaku desertir karena diminta keluarga mereka. Contohnya, seorang tentara Irak berusia 25 tahun yang mengaku ibunya sangat ketakutan dia mati di medan perang. Saking tidak ingin anaknya berperang, setiap kali dia pulang, seragamnya selalu dibakar. Akhirnya, dia berhenti setelah ibunya mengancam bunuh diri.

AS sendiri telah kehilangan 4.500 tentaranya dalam peperangan sembilan tahun di negara itu. Selain biaya pelatihan, untuk berperang AS juga keluar kocek US$1,7 triliun. Namun hasilnya, negara itu masih dirongrong militan.

Presiden Barack Obama menyadari bahwa tugas mereka di Irak belum usai. Namun, Obama belum memutuskan bantuan apa yang akan diberikan AS lagi untuk negara itu.

"Tahun lalu kami telah memberikan mereka bantuan tambahan untuk mengatasi masalah di Anbar, wilayah baratlaut negara itu, juga untuk warga Irak dan di perbatasan Suriah," kata Obama, merujuk pada pertempuran di Ramadi, provinsi Anbar, Desember tahun lalu. Ramadi kini telah dikuasai ISIS.

"Apa yang kita lihat beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa Irak perlu bantuan lagi. Irak perlu bantuan kita, dan butuh lebih banyak bantuan dari komunitas internasional," lanjut Obama, Kamis waktu setempat. (umi)

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024