F-15 AS Usir Jet Tempur Rusia di Udara California

Jet tempur Tupolov Tu-95 milik Rusia
Sumber :
  • Wikipedia
VIVAnews -
Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN
Dua pesawat tempur Rusia memasuki wilayah udara Amerika Serikat, tepatnya di pesisir California, Senin lalu. Hal ini membuat AS melakukan tindakan tegas dengan menurunkan F-16 untuk mengusir mereka.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Diberitakan
Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama
Sky News , Jumat 13 Juni 2014, insiden ini baru dilaporkan belakangan oleh Komando Pertahanan Udara Amerika (NORAD). Menurut laporan NORAD mereka masuk sekitar 50 mil di perairan California.


Awalnya, kata NORAD, ada empat pesawat pengebom jarak jauh Rusia jenis Tu-95 Bear yang sedang mengawal tanker di wilayah Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) sekitar 200 mil dari pantai Alaska.


Mereka meninggalkan wilayah itu setelah melihat jet Raptor F-22 dari wilayah NORAD Alaska. Lima jam kemudian, datang lagi dua pengebom Rusia yang masuk ke pesisir California.


AS langsung menurunkan dua jet tempur F-15 dari wilayah kontinental NORAD untuk mengusir mereka. Sebelumnya, jet tempur Rusia tidak pernah memasuki wilayah AS jika tidak ada latihan.


NORAD adalah misi gabungan Kanada-AS yang tugasnya melacak dan mengidentifikasi setiap pesawat di ADIZ sebelum masuk ke wilayah kedaulatan mereka. ADIZ sendiri


Hubungan antara AS dan Rusia sendiri memburuk sejak Moskow mencaplok Krimea di Ukraina. Tidak hanya di AS, pesawat Rusia juga dilaporkan memasuki wilayah Latvia yang dilindungi pasukan udara NATO.


Mencegah kejadian Crimea terjadi pada negara-negara eks Uni Soviet lainnya, NATO kini menjaga negara-negara Baltik seperti Estonia, Lithuania dan Latvia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya