Pembicaraan Menlu Polandia Maki AS Bocor ke Publik

Menlu Polandia Radoslaw Sikorski dan Menlu AS John Kerry.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed/Files
VIVAnews
Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling
– Pembicaraan pribadi Menteri Luar Negeri Polandia Radoslaw Sikorski dengan mantan Menteri Keuangan Jacek Rostowski bocor ke media Polandia,
WProst
Ada Konflik Israel-Iran, Pemerintah Bakal Beri Bansos?
.
2 Ribu Lebih Calon Dokter Spesialis Alami Depresi, Kemenkes Lakukan Tindak Lanjut

Dalam rekaman pembicaraan pribadi itu, seperti ditulis BBC 23 Juni 2014, Sikorski mengatakan dengan tegas bahwa hubungan sekutu yang dijalin Polandia dengan Amerika Serikat tidak berguna, bahkan berbahaya dan memberikan perspektif keliru di bidang keamanan.

“Ini semua omong kosong,” kata Sikorski dalam rekaman pembicaraan yang dipublikasikan oleh
Wprost.


Dalam rekaman tersebut, Sikorski yang merupakan wakil pemimpin Platform Sipil selaku partai berkuasa di Polandia juga menyebut mental rakyat Polandia mirip seperti ‘Murzynskosc’ atau bermakna rasial, orang negro.


“Permasalahan utama di Polandia yaitu kami memiliki rasa bangga terhadap diri sendiri dan percaya diri yang rendah,” ujar Sikorski.


Pembicaraan itu terjadi pada musim semi tahun ini. Namun tidak diketahui dengan jelas siapa yang merekam pembicaraan pribadi itu. Sempat beredar spekulasi pembicaraan tersebut direkam oleh seorang agen intelijen khusus. Namun WProst membantahnya. Majalah itu mengatakan, seorang pebisnislah yang merekam pembicaraan itu.


Sementara Sikorski melalui akun Twitter-nya membantah pernah makan di Restoran Sowa dan Pryjaciele, lokasi yang diduga menjadi tempat direkamnya perbincangan antara dia dengan Jacek Rostowski.


“Tidak pernah seumur hidup saya, saya makan di restoran tersebut,” kata Sikorski.


Perwakilan
WProst
menjawab kicauan Sikorski itu dengan menyebut pembicaraan terjadi di Restoran Amber Room.


Laman Radio
Polskie
mengutip salah satu anggota parlemen dari Platform Sipil, Julia Pitera, yang menyebut kalimat Sikorksi tidak menggambarkan kebijakan luar negeri negaranya.


“Kebijakan luar negeri bukanlah pendapat pribadi Radoslaw Sikorski. Kebijakan luar negeri dilaksanakan secara baik selama ini. Jadi saya berharap kalimat itu hanya bentuk kebodohan semata dan bukan cerminan kebijakan luar negeri,” kata Pitera.


Investigasi sadapan


Transkrip pembicaraan rekaman Sikorski dan Rostowski rencananya akan dipublikasikan bersamaan dengan hasil sadapan lain terhadap beberapa menteri. Apabila itu terjadi, maka pemerintahan rezim Platform Sipil akan makin menanggung malu.


Perdana Menteri Donald Tusk pekan lalu mengatakan, jika krisis kepercayaan terhadap pemerintah tambah parah, maka dia siap menggelar pemilu lebih awal. Semula Pemilu Polandia akan dilakukan tahun 2015.


Masalah rekaman penyadapan ini telah bergulir ke ranah hukum. Jaksa publik sekarang sedang menyelidiki semua materi rekaman yang mereka peroleh dari editor
WProst.
Menurut hukum yang berlaku di Polandia, merekam secara ilegal pembicaraan tertentu untuk memperoleh informasi, dapat dihukum penjara hingga dua tahun.


Untuk diketahui, hubungan Polandia dan Amerika Serikat tergolong baik. Dua pekan sebelum ini, Presiden Barack Obama bahkan baru saja berkunjung ke negeri di Eropa Tengah itu.


Dalam kunjungannya, Obama berjanji akan mengucurkan dana US$1 miliar untuk meningkatkan kehadiran militer AS di Polandia. Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga apabila krisis di Ukraina kian memanas dan meluas ke negara-negara sekawasannya. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya