PM Malaysia Jadikan ISIS Teladan Bagi Kader Partai

PM Malaysia Najib Tun Razak.
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad
VIVAnews -
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memicu kontroversi atas komentarnya pada kader partai berkuasa UMNO, Senin malam lalu. Dia menjadikan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebagai teladan bagi kader partainya.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Diberitakan
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024
Channel News Asia , Selasa 24 Juni 2014, ISIS dijadikan contoh soal keberanian yang harus diambil kader partai. Dia mengatakan, "jika saja kader UMNO memiliki keberanian seperti militan ISIS, maka partai akan jadi kuat."


Hal itu disampaikan saat Najib memaparkan enam langkah untuk memperkuat partai, di antaranya adalah keberanian, kepatuhan, kesetiaan, kesatuan, kesempurnaan dan keikhlasan. Namun mengambil ISIS sebagai teladan keberanian dianggap kurang tepat.


"Seharusnya dia cukup mengatakan bahwa anggota UMNO harus berani. Tentu saja, akan sangat aneh menggunakan contoh itu (ISIS) mengingat apa yang tengah terjadi di Irak saat ini," kata Keith Leong, peneliti dari lembaga konsultan ASEAN KRA Group.


Publik Malaysia sendiri banyak yang bergabung dengan ISIS di Suriah. Dilaporkan ada lebih dari 20 orang Malaysia yang bertempur bersama ISIS di negara itu. mereka mendapatkan latihan fisik dan senjata untuk pertempuran.


Sebanyak 16 orang ditahan di Malaysia karena diduga terlibat dengan kelompok tersebut. Empat di antaranya telah didakwa, sementara empat lainnya masih dalam penyelidikan. Sisanya dibebaskan karena kurang bukti.


Polisi khawatir kembalinya para militan ke Malaysia setelah bertempur di Suriah jadi ancaman bagi negara itu. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya