China Izinkan Kaum Muslim Punya Anak Lebih dari Satu

Muslim di China
Sumber :
  • http://muslimsinchina.wordpress.com/

VIVAnews - Umumnya, warga China etnis Han hanya diizinkan memiliki satu anak. Namun, kata Wakil Duta Besar China untuk RI Liu Hongyang, aturan itu tidak berlaku bagi kaum etnis minoritas Muslim.

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

Hal ini diungkapkan Liu ketika memberikan ceramah di Universitas Al-Azhar Indonesia dengan tema Pembangunan China dan Hubungannya dengan Indonesia dan ASEAN, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Juni 2014.

Liu menyebut pemerintahnya menilai jumlah warga China etnis Han sudah terlalu banyak. Sementara jumlah etnis minoritas masih terbatas di Negeri Tirai Bambu.

"Apabila tingkat kelahiran mereka dikendalikan, maka jumlah etnis minoritas di China semakin kecil," ujar diplomat yang baru bertugas sembilan bulan di Jakarta.

Pernyataan Liu ini sekaligus menepis anggapan adanya diskriminasi dari pemerintah terhadap muslim di China. Menurut Liu, kaum muslim justru memiliki hak istimewa dibandingkan warga China etnis Han, salah satunya dalam hal perencanaan keluarga.

"Apabila melanggar itu, maka kami dapat didenda dan dijatuhi hukuman. Kebijakan satu anak tersebut tidak berlaku bagi etnis minoritas," kata dia.

Jumlah etnis Muslim di China, kata Liu, saat itu mencapai sekitar 20 juta orang. Dengan jumlah itu, etnis Muslim merupakan etnis minoritas terbesar kedua di Negeri Tirai Bambu. 

Di China, kata Liu, juga banyak ditemukan sekolah yang sebagian besar siswanya beragama Islam. "Bahkan, di dekat area yang sebelumnya digunakan sebagai Kemenlu, terdapat sebuah SD Muslim," kata dia.

Kendati demikian, Liu menegaskan kebijakan satu anak belum sepenuhnya dicabut. Namun laporan BBC Desember 2013 menyebut Pemerintah Tiongkok mulai melonggarkan kebijakan itu. (ita)

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Viral Kasus Dugaan Mahasiswa Filsafat UGM LakukanPelecehan Seksual

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024