Solidaritas Palestina, Ratusan Remaja Ini Galang Dana

Serangan udara tentara Israel di Jalur Gaza
Sumber :
  • REUTERS/Majdi Fathi
VIVAnews
Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki
- Agresi militer zionis Israel ke Gaza, Palestina, sudah berlangsung hampir sepekan. Ratusan orang pun meninggal dan ribuan menderita luka. Mayoritas korban adalah anak-anak dan warga sipil.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Air mata di bumi Palestina itu membangkitkan tenggang rasa dari ratusan anak-anak di Ruteng Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Minggu petang, 13 Juli 2014, mereka turun ke jalan menggalang dana di beberapa ruas jalan di dalam kota. Aksi solidaritas anak-anak dan remaja lintas agama itu berlanjut sampai Minggu malam dengan menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama di pelataran Gereja Katedral Ruteng.
Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta


Kordinator aksi peduli Palestina, Armin Bel, kepada
VIVAnews
mengungkapkan aksi peduli Palestina itu melibatkan sedikitnya 500 remaja atau pelajar tingkat SMP hingga SMA. Mereka secara sukarela membawa uang sumbangan yang akan disalurkan melalui relawan peduli Palestina di Jakarta.


"Selain menggalang dana di tempat-tempat umum, anak-anak masing-masing membawa uang sumbangan ke sini," ujar Armin.


Aksi solidaritas ini, ia melanjutkan, menunjukkan bahwa anak-anak dunia internasional juga bisa merasakan duka yang menimpa anak-anak Gaza Palestina.


"Anak-anak sangat paling sensitif ketika melihat temanya sedang susah. Air mata anak-anak Palestina saya kira juga dirasakan anak-anak di Ruteng. Ini tragedi kemanusiaan," kata Armin.


Kesedihan tampak terlihat menggelayuti ratusan anak-anak dan remaja Ruteng itu. Sambil memegang lilin, mereka masing-masing berdoa dan mengheningkan cipta.


"Sedih rasanya membayangkan derita anak-anak Gaza yang menjadi korban perang. Banyak yang kehilangan orangtua dan anggota keluarga mereka," ujar Ni Kadek Sudyana, peserta aksi, dengan mata berkaca-kaca.


Siswi kelas 2 SMP itu berharap agar Israel dan pasukan Hamas Palestina segera meletakkan senjata. "Semoga perang itu segera berakhir. Saya juga berharap bantuan dunia internasional terus mengalir ke Gaza," kata dia. (one)


Laporan: Jo Mariono/Manggarai-NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya