MH17 Jatuh, Malaysia Airlines akan Gunakan Rute Alternatif

Malaysia Airlines MH17
Sumber :
  • REUTERS/Yaron Mofaz

VIVAnews - Malaysia Airlines menyatakan seluruh penerbangan Eropa yang dioperasikan maskapainya akan mengambil rute alternatif. Seperti diketahui, pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh di wilayah Ukraina pada Kamis, 17 Juli 2014.

Ada dugaan pesawat jatuh karena ditembak dengan rudal. Meski demikian Malaysia Airlines menegaskan bahwa pesawat tidak membuat panggilan darurat.

Dalam pernyataannya yang dirilis Jumat, 18 Juli 2014, Malaysia Airlines juga menyatakan bahwa rute yang dilalui MH17 telah dinyatakan aman oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO).

Saat jatuh, pesawat nomor penerbangan MH17 tengah mengangkut 298 orang, terdiri dari 284 penumpang dewasa, tiga bayi dari berbagai negara dan 15 awak berkebangsaan Malaysia.

"Beberapa kebangsaan penumpang belum ditentukan," ujar Malaysia Airlines.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
KebangsaanTotal
Belanda154
Malaysia43 (termsuk 15 kru dan 2 bayi)
Australia27
Indonesia12 (termasuk 1 bayi)
Inggris9
Jerman4
Belgia4
Filipina3
Kanada1
Tidak terverifikasi41
Total298

Saat ini, Malaysia Airlines tengah dalam proses memberitahukan kerabat penumpang dan awak MH17 mengenai insiden ini. Mereka juga menyatakan fokus bekerjasama dengan pemerintah dan tanggap darurat bencana untuk memobilisasi dukungan penuh dalam menyediakan kebutuhan untuk kerabat penumpang dan awak pesawat.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Selain itu, Malaysia Airlines mengirimkan relawan dan sekelompok perawat ke Amsterdam untuk membantu anggota keluarga dari penumpang. (one)

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024