Uni Eropa Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Jokowi

Jose Manuel Barroso
Sumber :
  • REUTERS/Vincent Kessler
VIVAnews
4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
- Sejak Selasa malam, para pemimpin negara-negara sahabat mulai memberi ucapan selamat kepada Joko Widodo, yang terpilih sebagai presiden Republik Indonesia periode 2014-2019 berdasarkan hasil resmi Komisi Pemilihan Umum. Ucapan selamat ada yang melalui akun pribadi di Twitter, seperti yang disampaikan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dari Singapura maupun pernyataan pers yang dilontarkan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, dan Menlu Amerika Serikat, John Kerry.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Hari ini ucapan selamat juga datang dari Jose Manuel Durao Barroso, Presiden Komisi Eropa. Mewakili komunitas 27 negara yang tergabung dalam Uni Eropa, Barroso mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui surat resmi yang dikirim ke media massa, termasuk
Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks
VIVAnews .


"Yang Terhormat Bapak Widodo. Atas nama Komisi Eropa dan saya sendiri, ijinkan saya menyampaikan selamat atas terpilihnya saudara sebagai Presiden Republik Indonesia sebagaimana telah dikonfirmasi oleh Komisi Pemilihan Umum," tulis Barroso.


Dia pun memuji besarnya keikutsertaan rakyat Indonesia dalam Pemilihan Presiden kali ini. "Tingkat partisipasi pemilih yang tinggi, partisipasi masyarakat madani secara aktif dan pengelolaan secara profesional dari para penyelenggara pemilu menunjukkan kekuatan dan dinamisme demokrasi Indonesia," lanjut Barroso.


Dia juga mengingatkan bahwa Indonesia dan Uni Eropa merupakan mitra yang erat yang memiliki persamaan nilai-nilai, seperti demokrasi dan penghormatan terhadap toleransi dan hak-hak asasi manusia. "Kami berharap untuk bekerja dengan saudara untuk lebih memperkuat kerja sama kita di tahun-tahun mendatang. Terimalah, saudara, penghargaan kami yang setinggi-tingginya, José Manuel Durão Barroso," demikian akhir surat itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya