Dua Pesawat Jet Ukraina Ditembak Jatuh di Perbatasan

Pesawat Su-27 milik militer Ukraina
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Dua pesawat jet milik Ukraina dikabarkan ditembak jatuh oleh pasukan pro-Rusia di wilayah Donetsk, tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat penumpang Malaysia Airlines MH17. Informasi penembakan kedua jet tersebut disampaikan pihak militer Ukraina. 

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Melansir CNN, pilot kedua pesawat jet tersebut sempat melontarkan diri keluar dari pesawat. Namun, kondisi kesehatan mereka belum diketahui. Menurut pengakuan militer Ukraina, pesawat angkutan berjenis Antonov An-26 dan pesawatjet Sukhoi Su-25 tersebut ditembak sistem pertahanan darat di dekat Dmytrivka. 

Mengutip NY Daily News, Su-25 ditembak jatuh pada pukul 13.30 waktu setempat, di atas Savur Mogila. Tidak jelas siapa yang melakukan penembakan. Namun, daerah tersebut merupakan kawasan yang dikuasai pemberontak pro-Rusia. 

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

Sovur Mogila hanya berjarak 35 km dari Grabovo, yang merupakan lokasi jatuhnya MH17, minggu lalu. 

Berita jatuhnya pesawat jet Ukraina tersebut hanya berselang enam hari dari peristiwa nahas yang menimpa maskapai Malaysian Airlines MH17. 

Sebelumnya, pemerintah Ukraina juga melaporkan bahwa kelompok separatis Ukraina beberapa kali menembak pesawat Ukraina yang melintas. Pemberitaan tersebut semakin memperpanas suasana di perbatasan Ukraina dan wilayah yang kini dikuasai Rusia. 

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Dmitrashkovsky menyebutkan kedua pesawat yang ditembak jatuh masing-masing membawa dua penumpang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya