PM Jepang Undang Presiden Terpilih Jokowi ke Negeri Sakura

Shinzo Abe
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao
VIVAnews
Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet
- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, telah memberi ucapan selamat secara langsung kepada Presiden Terpilih RI, Joko Widodo. Mereka berbicara lewat telepon selama sepuluh menit pada Rabu sore, ungkap Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Dalam keterangan yang dikirim ke
Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang
VIVAnews , Kedubes Jepang mengungkapkan sejumlah poin yang disampaikan PM Abe kepada Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo. Selain mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi, Abe juga memuji lancarnya Pemilu Presiden 2014 di Indonesia.


"Walaupun persaingan antar pasangan berlangsung cukup ketat, namun proses pemilihan presiden telah berlangsung dengan lancar. Hal ini menunjukkan kematangan demokrasi di Indonesia pada dunia internasional, dan mengucapkan selamat atas suksesnya pilpres Indonesia kali ini," kata Abe. 


Kepada Jokowi lewat pembicaraan telepon, Abe pun mengingatkan bahwa Jepang dan Indonesia merupakan mitra strategis yang memiliki nilai-nilai dasar yang sama, seperti kebebasan, demokrasi dan lainnya, dan peran yang dimainkan kedua negara untuk menjaga perdamaian dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan lingkungan keamanan regional .


"Dalam bidang ekonomi pula, hubungan Jepang dan Indonesia adalah hubungan win-win, saling membantu dan tumbuh bersama. Kebijakan Jepang dalam mendukung pembangunan Indonesia dan tumbuh bersama tidak akan berubah. Jepang bertekad untuk lebih meningkatkan hubungan kemitraan strategis ini dengan bekerjasama dengan Indonesia," kata Abe.


Dalam percakapan itu PM Abe pun mengundang Jokowi untuk berkunjung ke Jepang. Kunjungan itu diharapkan bisa terwujud "dalam waktu yang tidak lama setelah pelantikan sebagai presiden RI dan sangat menantikan bekerja bersama dengan Bapak Joko Widodo," kata Abe.


Sementara itu, Jokowi mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat yang disampaikan PM Abe. Dia sangat menghargai hubungan dengan Jepang yang telah terjalin dan akan berupaya untuk mempererat hubungan kemitraan strategis ini.


Jokowi pun, dalam percakapan telepon itu, mengucapkan terima kasih atas undangan dari PM Abe dan berharap dapat segera berkunjung Jepang dalam waktu yang tidak lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya