25-7-2000: Jatuhnya Pesawat Concorde

Lokasi jatuhnya pesawat Concorde di Prancis 25 Juli 2000
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews - Empat belas tahun yang lalu, pesawat supercepat Concorde jatuh tak lama setelah lepas landas di Bandara Charles de Gaulle, Paris, Perancis. Kecelakaan ini memicu pengungkapan berbagai masalah pada pesawat itu hingga akhirnya tidak lagi dipakai beberapa tahun kemudian.

Menurut stasiun berita BBC, pesawat Concorde milik maskapai Air France jatuh menghantam bangunan hotel Relais Bleu di kota Gonesse. Kecelakaan pesawat dengan tujuan New York itu menewaskan 109 awak dan semua penumpang serta empat orang di darat.

Menurut penyelidikan, pesawat jatuh dua menit setelah lepas landas. Concorde langsung menghujam bumi setelah satu dari mesinnya di bagian kiri terbakar kala lepas landas.

Ini merupakan kecelakaan pertama bagi Concorde setelah 31 tahun melayani industri penerbangan. Terbang sejak 1980, pesawat nahas dengan nomor penerbangan AF4590 ini baru empat hari sebelumnya diperiksa dan tidak ditemukan masalah.

Namun, jatuhnya pesawat itu terjadi sehari setelah maskapai Inggris, British Airways, menemukan retakan yang sangat kecil di semua armada Concorde mereka, yang berjumlah tujuh unit.

Setelah kecelakaan, Air France untuk sementara tidak mengoperasikan armada Concorde. Tim penyelidik, dalam laporan setebal 400 halaman, pada 2002 akhirnya menyatakan bahwa ditemukan sekeping kecil logam sepanjang 40 cm menancap di salah satu roda Concorde. Potongan logam itu milik pesawat lain, yang lepas landas lima menit sebelum jadwal Concorde.  

Logam kecil yang menancap di roda ini lantas memunculkan kumpulan puing yang hinggap ke tangki bahan bakar pesawat, sehingga menimbulkan api yang melumat seluruh pesawat. 

Walau sempat ada perbaikan besar yang berbiaya sangat mahal, Concorde akhirnya harus dipensiunkan. Demi mencegah terulangnya kecelakaan yang fatal, British Airways dan Air France sepakat tidak lagi menggunakan Concorde mulai akhir 2003. Maka, Concorde melayani penerbangan terakhir pada 23 Oktober 2003. 
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024