PBB Akan Masukkan ISIS ke Daftar Penjahat Perang

Militan ISIS di Mosul, Irak.
Sumber :
  • REUTERS/Yaser Al-Khodor
VIVAnews -
PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini
Kepala Penyelidikan PBB Paulo Pinheiro mengatakan pihaknya akan memasukkan para militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke dalam daftar penjahat perang.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

"Mereka adalah kandidat yang baik untuk masuk daftar," ujar Paulo Pinheiro mengacu pada eksekusi dan penyaliban terhadap banyak orang oleh militan Isis seperti dilansir
Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang
BBC , Sabtu 26 Juli 2014.


Daftar rahasia Dewan Keamanan PBB ini terungkap ke publik pada Jumat kemarin. Orang-orang dari kedua sisi konflik di Suriah harus dimasukkan daftar kejahatan perang.


Militan ISIS yang menguasai wilayah luas di Suriah utara dan negara tetangga, Irak, telah terlibat dalam pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah Suriah di Provinsi Ragga dalam beberapa hari terakhir.


Penyidik HAM PBB Karen Koning Abu Zayd telah memperingatkan para pemberontak Suriah yang membelot dari kelompok mereka untuk bergabung dengan kelompok garis keras ISIS.


Sementara itu, pemberontak ISIS Jumat kemarin menyatakan telah menguasai dan merebut pangkalan militer besar di pinggiran kota utara Raqqa.


Mereka merilis gambar tentara yang ditangkap dan dipenggal kepalanya setelah pertempuran di utara-timur Suriah.


Sedikitnya 170.000 orang tewas, sepertiga dari mereka warga sipil, dalam pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad sejak Maret 2011.


Sembilan juta orang, atau sepertiga dari populasi rakyat Suriah sebelum perang, telah meninggalkan rumah mereka.


Komisi Penyelidikan PBB tengah mengumpulkan laporan saksi, foto-foto satelit dan informasi lainnya untuk mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia selama konflik di Suriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya