PM Australia Diimbau Hadiri Pelantikan Jokowi

Perdana Menteri Australia Tony Abbott
Sumber :
  • Reuters/David Gray

VIVAnews - Peneliti program Asia Timur di Institut Lowy, Aaron Connelly, menganjurkan Perdana Menteri Australia Tony Abbott untuk hadir dalam pelantikan Presiden RI terpilih, Joko Widodo pada Oktober mendatang.

Menurut Connelly, hal tersebut penting dilakukan untuk membangun hubungan pribadi yang lebih kuat dan menopang hubungan bilateral yang rapuh.

Pernyataan Connelly tersebut diungkap di harian Sydney Morning Herald yang terbit Sabtu, 26 Juli 2014.

Saat akan menjabat sebagai PM pada tahun lalu, Abbott menegaskan kebijakan luar negerinya akan lebih banyak berfokus ke Jakarta ketimbang Jenewa, Swiss.

Namun, baru beberapa bulan menjabat hubungan bilateral kedua negara anjlok akibat terbongkarnya

"Hubungan bilateral kedua negara telah berulang kali diguncang oleh faktor-faktor eksogen (dari luar) selama 10 tahun terakhir, dan kami tidak tahu krisis apa yang akan menerpa selanjutnya. Jadi, penting bagi Australia untuk membangun sebuah hubungan yang kuat dalam waktu yang cepat, karena kami akan membutuhkannya," ungkap Connelly.

Karena tidak dapat memprediksi permasalahan lain yang mungkin akan terjadi, maka penting untuk memiliki hubungan baik di antara kedua pemimpin.

Connelly bahkan menganjurkan Abbott untuk mencontoh langkah yang ditempuh oleh mentornya, John Howard. Dulu, usai dilantik, Howard menjadi pemimpin luar negeri pertama yang menyambangi Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri usai dilantik. Howard juga menghadiri pelantikan Presiden SBY di tahun 2004 silam.

Jika tidak ada perubahan, Jokowi akan dilantik pada 20 Oktober mendatang. Abbott sendiri sudah menghubungi Jokowi melalui telepon pada tanggal 22 Juli lalu untuk mengucapkan selamat. Namun, masih belum diketahui apakah dia akan menghadiri pelantikan Jokowi atau tidak. (ita)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024