Imbas MH17, Putri Presiden Rusia Diusir dari Belanda

Presiden Vladimir Putin dan anaknya Maria Putin.
Sumber :
  • mirror.co.uk

VIVAnews - Insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 17 Juli lalu, berimbas terhadap Maria Putin, salah satu putri Presiden Rusia Vladimir Putin.

Maria yang dikabarkan bermukim di apartemen mewah di samping sungai di Voorschoten, Belanda, terpaksa angkat kaki karena takut menjadi sasaran unjuk rasa warga lokal.

Laman News Corporated, Sabtu 26 Juli 2014 melansir Maria diketahui tinggal satu atap dengan kekasihnya, Jorrit Faassen yang berasal dari Belanda.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Faassen diduga bekerja menjadi salah satu petinggi perusahaan afiliasi Gazprom. Laman Dailymail melansir Faassen membeli griya tawang (penthouse) berlantai dua dan memiliki lima tempat tidur dengan harga mahal.

Bahkan, Wali Kota Hilversum Pieter Broertjes, dalam sebuah wawancara dengan radio Belanda pada Rabu lalu, ikut menuntut agar perempuan berusia 29 tahun itu angkat kaki dari Belanda. Walaupun kemudian dia meminta maaf di Twitter karena menyadari komentar itu dianggap tidak bijak.

Pernyataan tersebut, ujar Broertjes, merupakan ekspresi putus asa kendati banyak pihak yang mendukung kalimatnya itu.

Hingga saat ini keberadaan Maria di Belanda masih belum jelas. Kini, muncul laporan yang dilansir oleh harian The Mirror bahwa Maria dan Faassen telah meninggalkan griya tawang apartemen mereka.

Menurut kesaksian beberapa tetangga, mereka sudah tidak lagi terlihat ada di apartemen itu, khususnya setelah inisiden MH17 terjadi. Apartemen mereka diketahui berada di pinggiran kota Voorschoten dan dekat dengan bandara Schipol Amsterdam.

"Dia pindah kemari tahun lalu dan semuanya terlihat tenang untuk beberapa saat. Namun, ketika semua terungkap siapa identitas aslinya, area ini mulai tidak tenang. Kini, ditambah peristiwa jatuhnya pesawat," ujar seorang penghuni apartemen itu.

Penghuni tersebut mengakui jatuhnya pesawat MH17 memang bukan kesalahan Maria dan tidak sepatutnya dia yang bertanggung jawab atas keterlibatan sang ayah. "Namun, kami tidak ingin ada demonstrasi di area ini," kata penghuni tadi.

Kedamaian Maria dan kekasihnya mulai terganggu, ketika sebuah situs Ukraina mengunggah alamat keduanya di Belanda. Harian Belanda, De Telegraaf menyebut warga Ukraina di sana berencana untuk menggelar unjuk rasa di luar apartemen Maria.

Kebijakan Putin

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Putri Putin diketahui jarang tertangkap kamera dan dipublikasikan di media. Ini semua tidak lepas dari kebijakan Vladimir Putin yang ingin melindungi keberadaan kedua putrinya itu. Hal itu sempat diakui oleh juru bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov.

Maria diketahui memiliki seorang adik perempuan bernama Yekaterina yang memiliki selisih usia hanya dua tahun.

"Ya, kami memang menganut sistem yang lebih tertutup. Namun secara umum, semua orang mengetahui seperti apa anak-anak dan keluarga yang dia (Putin) miliki. Semua orang tahu bahwa dia telah bercerai dari Lyudmila," ujar Peskov.

Namun, dia menambahkan tidak semua informasi perlu diketahui publik.

"Apa pun yang dia lakukan, tentu harus memiliki batas privasi yang tidak perlu diketahui orang lain. Keluarga termasuk salah satu teritori itu," imbuh Peskov.

Sebelumnya, Peskov juga pernah membantah laporan yang menyebut Maria tinggal di Belanda dan Putin kerap berkunjung ke sana. "Informasi itu tidak benar," ujar Peskov pada April 2013.

Pernyataan itu dilontarkan Peskov untuk membantah laporan kantor berita Interfax yang menyebut Putin pernah mengubah rute penerbangan di Voorschoten.

Beberapa sumber di Moskow bahkan meragukan keaslian foto yang diklaim sebagai Maria dan ramai beredar di media sosial. Menurut salah seorang sumber foto yang mengambil latar dia tengah berada di taman merupakan model asal Amerika Tengah.

"Ini bukan putri Putin. Ini model asal Puerto Rico bernama Wilmadilis 'Uma' Blasini Purez. Ini murni merupakan propaganda Ukraina," ungkap editor foto di Moskow.

Menurut dia, foto tersebut sengaja disebar hanya untuk mempertajam konflik yang sudah ada antara Rusia dan Ukraina. (ita)

Phil Foden saat Manchester City vs Manchester United

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City akan datang ke markas Brighton dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express pada Jumat dini hari nanti, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024