Pesawat Malaysia Airlines Nyaris Tabrakan di Australia

Pesawat Boeing milik Malaysia Airlines
Sumber :
  • Planespotter/Bruno Muthelet
VIVAnews -
4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling
Insiden hampir kembali menimpa maskapai Malaysia Airlines saat pesawat mereka nyaris tabrakan dengan pesawat lain di bandara Australia. Beruntung, menara pengawas yang waspada berhasil mencegah peristiwa itu terjadi.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Diberitakan
Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk
The Aviation Herald , insiden ini terjadi pada Selasa 29 Juli 2014 di bandara Adelaide, Australia. Saat itu, pesawat Malaysia Airlines Nomor MH136 hendak tinggal landas menuju Kuala Lumpur.


Pesawat berpenumpang 167 orang itu telah memasuki landasan pacu nomor 5 dan mulai meningkatkan kecepatan untuk terbang. Namun menara pengawas memerintahkan agar tinggal landas dibatalkan dengan segera. Pesawat Airbus A330-300 itu direm di tengah landasan pacu.


Alasan menara pengawas, saat itu ada pesawat Tiger Airways nomor TT-449 yang hendak mendarat. Demi mencegah terjadinya tabrakan kedua pesawat, petugas menara memerintahkan MH136 untuk berhenti dan TT-449 untuk terbang memutar.


Dua belas menit kemudian, TT-449 berhasil mendarat setelah memutar. Sementara MH136 harus menunggu mesin siap bergerak setelah berhenti (cool-down time). Setelah 25 menit, MH136 tinggal landas menuju Kuala Lumpur dengan selamat.


Maskapai Malaysia Airlines tengah dirundung dua insiden mematikan. Sebelumnya MH370 hilang dari radar pada 8 Maret lalu dan belum ditemukan hingga kini. Pesawat itu berisi 239 kru dan penumpang. Insiden kedua menimpa MH17 yang jatuh di wilayah Ukraina karena ditembak separatis. Sebanyak 298 orang, termasuk 80 anak-anak tewas akibat insiden itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya