Israel Langgar Gencatan Senjata, Empat Warga Gaza Tewas

Tank Israel yang menyerang Gaza
Sumber :
  • REUTERS/Baz Ratner

VIVAnews - Israel melanggar gencatan senjata yang telah disepakati. Kali ini, serangan dilakukan Israel hanya selang tiga jam setelah gencatan senjata diberlakukan hari ini, Jumat 1 Agustus 2014, hingga 72 jam ke depan.

Diberitakan Reuters yang mengutip pemerintah Gaza, tank Israel menembaki wilayah mereka, menewaskan empat warga dan melukai 15 lainnya di Rafah. Sumber lainnya mengatakan, tiga warga Gaza tewas ditembak sniper zionis.

Serangan terjadi selang tiga jam setelah pukul 08.00 waktu setempat, titik dimulainya gencatan senjata selama tiga hari. Terdengar bunyi alarm roket dari wilayah Eshkol di Israel, menandakan serangan balasan oleh Hamas.

Reporter Al-Jazeera di distrik Shujayea, Rafah, melaporkan: "Beberapa menit lalu, sekitar satu kilometer dari tempat saya berdiri, ada suara ledakan dan kami melihat gumpalan asap tebal. Diperkirakan ada serangan udara Israel atau drone."

Sebelum dimulainya gencatan senjata, Israel habis-habisan membombardir Kamis malam tadi. Sebanyak 14 orang tewas. Israel mengaku, lima tentaranya terbunuh akibat bom mortir dari Gaza.

Ini bukan kali pertama Israel melanggar gencatan senjata. Perjanjian tidak saling serang pada hari Idul Fitri juga dilanggar zionis, ratusan nyawa di Gaza melayang. Alasan Israel sama, Hamas memulai menyerang duluan. Tapi saat diminta menjabarkan serangan tersebut, Israel enggan.

Padahal, saat gencatan senjata hari ini dimulai, warga Gaza mulai bisa bernafas lega. Jalan-jalan kota dipenuhi warga yang mulai keluar dari persembunyian. Mereka menuju rumah-rumah mereka yang hancur lebur untuk mengambil sisa-sisa harta benda. Anak-anak mulai bisa bermain.

"Kami akan kembali ke Beit Lahiya (utara Jalur Gaza). Kami berharap gencatan senjata ini akan permanen dan kami tidak akan kembali ke penampungan PBB," kata seorang warga Asharaf Zayed.

Jumlah korban tewas di Gaza memilukan, sebanyak 1.459 orang, termasuk ratusan di antaranya anak-anak. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding agresi Israel lima tahun lalu. Sementara di kubu Israel 64 tentara tewas, di tambah tiga warga sipil.

Juru bicara Hamas sebelumnya mengatakan bahwa suksesnya gencatan senjata tergantung dari Israel. "Hamas dan seluruh pergerakan perlawanan menerima gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam dari pukul 8 Jumat ini dan akan menghargainya jika pihak lain (Israel) juga melakukannya," kata juru bicara Hamas Fawzi Barhum.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

Israel sendiri menuduh Hamas yang justru melanggar gencatan senjata. Media Israel sendiri melaporkan, ada orang bersenjata menyerang tentara Israel di Rafah.

Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. .

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Gunung Ruang mengalami peningkatan status menjadi level IV atau awas.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024