Aktivis Argentina Temukan Cucu yang Hilang 35 Tahun Lalu

Mothers of Plaza de Mayo
Sumber :
  • taringa.net
VIVAnews
Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran
- Estela Carlotto, seorang aktivis di Argentina akhirnya menemukan cucu laki-lakinya yang telah hilang lebih dari 35 tahun. Kepastian ini diterimanya setelah melakukan tes DNA.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Dikabarkan
Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing
Sidney Morning Herald , Rabu 6 Agustus 2014, nenek berusia 83 tahun itu sangat senang dengan penemuan ini. Ia menjelaskan bahwa putrinya, Laura Carlotto, pernah diculik saat sedang mengandung pada masa perang diktator di negaranya itu. Saat itu pemerintah memerangi sayap kiri dan kelompok pembangkang di Argentina.


Laura melahirkan pada 26 Juni 2978 saat ditangkap oleh pemerintah setempat. Wanita itu dibunuh setelah melahirkan bayi laki-laki yang telah diberi nama Guido. Sejak saat itu, Estela mencari cucu laki-lakinya yang hilang. Ia sangat yakin jika cucunya itu, yang memiliki kewarganegaraan Italia dan Argentina, masih hidup.


Carlotto pun mendirikan asosiasi hak asasi manusia yang membantu mencari bayi-bayi yang hilang saat pemerintahan diktator militer tahun 1976 - 1983. Asosiasi itu bernama The Grandmothers of the Plaza de Mayo. Hal ini dilakukan agar dirinya juga bisa membantu orang tau lain yang bernasib sama dengan dirinya.


Kabar baik pun datang setelah menunggu hampir 35 tahun. Seorang laki-laki bernama Ignacio Hurban dipercaya sebagai Guido. "Dia tinggal di Olavarria, sebuah kota yang terletak 350 kilometer bagian selatan Buenos Aires," ujar Maria Sevini de Cubria, hakim yang menangani beberapa kasus bayi hilang atau di culik saat rejim militer.


Kivo Carlotto, anak dari Estela yang juga kakak dari Laura mengatakan bahwa uji tes DNA telah memastikan 99.9 persen Hurban adalah keponakannya. "Saat saya mengatakan hal ini, Hurban terkejut. Namun saya bisa meyakinkannya dan dia pun menerima," kata Kivo.


The Grandmothers of Plaza de Mayo, dan turunannya yaitu Mothers of the Plaza de Mayo, memimpin dunia dalam upaya untuk mengumpulkan lebih dari 500 anak yang diculik saat rejim militer era 70an. Mereka percaya jika 30.000 anak telah hilang, diduga dibunuh saat perang dengan sayap kiri. Beberapa anak dipercaya telah diambil oleh keluarga para penguasa dan diasuh serta dibesarkan sebagai anak mereka sendiri.


Guido merupakan anak ke-111 yang ditemukan Grandmother of the Plaza de Mayo sejak asosiasi ini didirikan 1977.


Kisah hidup ibu Guido, Laura Carlotto diabadikan dalam film bertajuk Verdades Verdaderas (Kebenaran Sejati) yang dipublikasi pada 2011. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya