Pilot Termuda Ini Keliling Dunia Seorang Diri

Matt Guthmiller
Sumber :
  • limitless-horizons.org

VIVAnews - Di saat kebanyakan remaja di dunia belajar menyetir mobil, remaja berusia 19 tahun bernama Matt Guthmiller memilih untuk belajar menerbangkan pesawat.

Ya, ia belum lama ini baru saja dinobatkan menjadi pilot termuda yang pernah mengeliling dunia dan melakukan seorang diri menurut laporan CBS News.

Remaja asal South Dakota itu terbang sejauh 30 ribu mil dan sempat berhenti sebanyak 23 kali di 15 negara. Ia kemudian dianggap layaknya bintang rock karena telah memecahkan rekor penerbangan.

"Banyak yang mengatakan itu terlalu berisiko atau menyebut saya anak ingusan kaya raya yang melakukan hal ini untuk bersenang-senang," ujar Guthmiller.

Ia juga mengatakan tidak begitu mempedulikan apa kata orang mengenai keputusannya untuk keliling dunia seorang diri dengan menerbangkan pesawat di usia yang terbilang sangat muda.

"Tentu saja itu sangat menyenangkan dan saya telah mendapatkan pengalaman yang seru, namun itu juga membutuhkan kerja keras. Saya harap apa yang saya lakukan mampu menginspirasi orang lain untuk pergi keluar dan melakukan hal-hal besar," ucap dia.

Pertama kali Guthmiller ingin menjadi pilot adalah saat sedang bersantap bersama kedua orangtuanya di bandara. Ia kemudian memaksa ayah ibunya untuk ikut kelas penerbangan.

"Mereka setuju untuk melakukan 20 menit penerbangan intro dengan biaya US20. Saya rasa saat itu mereka mengira saya akan mengakhirinya," ujarnya.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

Tentu saja itu bukan akhir dari pelajaran penerbangannya. Guthmiller kemudian berhasil melakukan kesepakatan dengan pihak bandara untuk menghabiskan waktu lebih banyak di kokpit pesawat.

Di usia 17 tahun ia pun telah mendapatkan lisensi pilot dan dua tahun kemudian menyewa pesawat Beechcraft mesin tunggal untuk melakukan penerbangan solo keliling dunia. Hebatnya lagi, mahasiswa MIT itu melakukan perbaikan pesawat dan mengatur kalkulasi penggunaan bahan bakar sendiri.

Untuk ke depannya, Guthmiller mengatakan akan terus melakukan hal-hal luar biasa untuk menginspirasi banyak orang.

SBY bersama Ibas Hadiri acara Jalan Sehat di Pacitan

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Putra bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan raihan suara tertinggi di dapilnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024