Nikahkan Anak di Bawah Umur, Seorang Duda Ditangkap

Ilustrasi borgol
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Polisi di Afghanistan utara, menangkap orangtua dari dua orang anak. Menurut pihak berwenang, mereka ditangkap atas tuduhan mengatur pernikahan di bawah umur.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Sebelumnya, berita upacara pernikahan antara seorang gadis berusia delapan tahun dan anak laki-laki berusia 12 tahun di provinsi Balkh utara, terungkap pada akhir pekan lalu.

Seperti dikutip dari laman BBC, Rabu 3 September 2014, ayah mempelai wanita mengatakan ia menginginkan uang mahar dari keluarga menantunya, karena ingin menikah lagi. Para aktivis di Afghanistan, mengatakan pernikahan anak di bawah usia memang merupakan masalah yang terjadi di seluruh Afghanistan.

Kelompok aktivis Hak Asasi Manusia menuduh pihak berwenang gagal untuk menegakkan hukum, terkait pernikahan anak di bawah usia. Namun, analis mengatakan kasus pernikahan itu telah dilaporkan kepada pihak berwenang karena pasangan yang menikah itu masih sangat muda.

Setelah upacara pernikahan selesai dilangsungkan, mempelai wanita yang bernama Meena, pergi untuk tinggal dengan keluarga suaminya yang bernama Sardar.

Ayah Meena yang saat ini menyandang status duda, kepada televisi lokal Afghanistan, Tolo, mengatakan ia telah berkonsultasi dengan ulama lokal mengenai perasaan frustasinya pada kehidupan. Ia juga menanyakan, apakah ia harus menikahkan sang anak.

"Mereka memberitahu aku bisa, karena Anda perlu uang. Kemudian, Anda dapat memperbaiki hidup," ujar sang Ayah seperti dikutip Tolo TV.

Menurut data pemerintah, 53 persen dari perempuan Afghanistan yang kini berusia 25 hingga 49 tahun telah menikah pada usia 18 tahun. (asp)

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengakui kurangnya armada KA Feeder yang beroperasi merupakan salah satu masalah yang dimiliki oleh KA Cepat Whoosh

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024