Vaksin Ebola Diuji ke Manusia Sehat

Virus ebola.
Sumber :
  • REUTERS/ Mariana Bazo

VIVAnews - Pekan ini, National Institutes of Health yang bermarkas di Amerika Serikat akan menguji coba vaksin ebola. Peneliti akan memberikan vaksin ebola itu kepada tiga relawan yang sehat.

Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) Anthony Fauci mengatakan, penelitian yang dinamai "percobaan keselamatan manusia" itu digelar setelah peneliti mendapat lampu hijau dari Badan Obat dan Makanan AS.

Seperti dikutip dari laman CNN edisi 2 September 2014, ini akan menjadi uji coba pertama vaksin ebola kepada manusia. Vaksin eksperimental itu dikembangkan oleh perusahaan farmasi GlaxoSmithKline dan NIAID.

Vaksin ebola itu akan diberikan kepada tiga manusia sehat untuk meneliti sejauh mana efek samping yang mereka derita. Jika aman, vaksin akan diberikan ke sekelompok kecil relawan yang berusia 18 hingga 50 tahun.

Sekali lagi, peneliti akan mencek apakah tubuh manusia bisa memproduksi imun yang cukup kuat untuk melawan virus ebola. Kondisi tubuh semua relawan akan diawasi secara ketat untuk mengetahui efek samping vaksin tersebut.

Vaksin ini diberikan dengan suntikan di bagian otot deltoid di lengan. Pertama, vaksin akan diberikan dalam dosis rendah. Jika tak ada efek samping, vaksin akan diberikan dalam dosis yang lebih tinggi. "Kami ingin ekstra hati-hati dengan dosis vaksin itu," kata Fauci.

Sebelumnya, kata Fauci, eksperimen vaksin ini sangat baik saat diuji kepada simpanse. Dia juga mencatat bahwa metode yang dipakai untuk mendorong respons tubuh terhadap ebola ini tidak akan membuat relawan itu terinfeksi virus ebola. Meski begitu, Fauci mengatakan, "Anda tidak akan bisa memprediksi apa yang akan Anda lihat (pada tubuh manusia). Saya cukup banyak 'tertipu' pada berbagai eksperimen saya beberapa tahun."

Vaksin ini juga akan diuji coba kepada relawan sehat di Inggris, Gambia, dan Mali. Namun, uji coba vaksin ini tidak bisa digelar di empat negara yang terkena wabah ebola, baru-baru ini. Keempat negara itu adalah Guinea, Sierra Leone, Liberia, dan Nigeria.

Baca juga:

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024