Anak Kecanduan Internet, Momok Baru Orangtua di China

Para remaja mendapat latihan militer di pusat rehabilitasi
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Jika Anda menghabiskan waktu lebih dari enam jam di internet untuk sesuatu yang tidak terkait dengan pekerjaan atau studi, maka Anda berpotensi menjadi seorang pecandu internet.

Demikian dikatakan Tao Ran, Direktur Daxing Center, pusat rehabilitasi pecandu internet di Beijing. Sejak 2008, China menyatakan kecanduan internet sebagai penyimpangan klinis yang mengancam para remaja.

Ide membangun pusat rehabilitasi bagi pecandu internet mungkin terdengar konyol. Tapi video yang dilansir upworthy.com, memperlihatkan kecanduan internet tak sekedar masalah anak-anak bermain game saat makan malam.

Di Daxing, para remaja mendapat terapi dan latihan militer. Fakta bahwa China mengatasi persoalan dengan sedikit kasar dan keras bagi banyak orang di Amerika Serikat (AS), tapi ada pelajaran yang berharga bagi banyak orang di seluruh dunia.

"Orang normal tidak bisa membayangkan apa yang anak-anak di sini lakukan dengan internet. Mereka sangat tergantung dengan game yang mereka mainkan di internet," kata Tao Ran.

Seluruh anak-anak yang berada di Daxing datang dengan paksaan orangtua. "Ayah membohongi saya. Dia mengatakan ingin mengajak saya jalan-jalan di Beijing, tapi malah membawa saya ke sini. Mereka mengurung dan mengikat tangan Saya," kata seorang remaja dalam rekaman video.

Seorang ibu dari provinsi Zhejiang mengaku anaknya berubah menjadi sosok yang kasar sejak kecanduan internet. "Kami bahkan harus memberinya obat tidur sebelum membawanya ke sini," kata dia.

Seorang remaja membantah kecanduan internet. Dia tak percaya pendapat orang yang menyebutnya kecanduan internet. "Sungguh saya tidak percaya," kata salah satu remaja, yang mengaku senang bermain gim internet sejak diajak kawannya bermain di sebuah warnet.

Walau membantah, remaja itu mengaku bisa semalaman berada di warnet karena diajak kawannya. "Saat pulang di pagi hari, Saya hanya duduk dan mendengarkan ibu saya mengomel," katanya.

Mereka yang kecanduan internet kerap tidak menyadari perubahan prilaku yang dialaminya. "Mereka sangat tergantung dengan game. Bahkan mereka berpikir pergi ke toilet akan mengganggu performa mereka dalam permainan. Itulah mengapa kami menyebutnya (game internet) heroin elektronik," kata Tao Ran.

Kesepian

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Di Daxing, orangtua didorong untuk tetap berada di fasilitas selama perawatan dan berpartisipasi dalam sesi terapi. Setiap anak biasanya menjalani terapi antara tiga hingga empat bulan.

"Kritik, tuduhan, dan menyalahkan. Apakah Anda berpikir itu cara terbaik membuat mereka berubah, introspeksi dan membuat perkembangan?" ujar Tao Ran pada sebuah sesi untuk orangtua.

Tao Ran menegaskan bahwa salah satu isu terbesar bagi para anak-anak yang bermasalah adalah kesepian. "Kesepian," ulang Tao Ran untuk menegaskan. "Apakah anda tahu mereka merasa kesepian?' tanyanya.

"Kemana mereka mencari teman? internet. Mereka tahu internet luar dan dalam, tapi tidak sama sekali tentang manusia," kata Tao Ran. Seiring dengan perkembangan industri di China, teknologi maju pesat dan lapangan kerja terbuka luas.

Semakin banyak kelas menengah, para orangtua yang menghabiskan waktunya untuk bekerja sepanjang hari. Sementara anak-anak mereka mengisi waktunya dengan perangkat teknologi, yang menurut para orangtua, bisa menggantikan kehadiran mereka dalam kehidupan si anak. (ita)

Salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan

"Kepulauan Spratly adalah hak sah kami untuk mempertahankannya".

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016