Arab Saudi Ingin Tingkatkan Kerja Sama dengan Indonesia

Perayaan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-84 di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler

VIVAnews - Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi merayakan peringatan hasi nasional negaranya ke-84, diadakan di Hotel Ritz Calton Kuningan, Jakarta, Selasa 23 September 2014. Acara ini dihadiri oleh para duta besar dan juga para warga negara Arab Saudi yang ada di Jakarta.

Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim Al Mubarak, menjelaskan bahwa hari nasional ini dirayakan oleh segenap kedutaan Arab Saudi di seluruh dunia.

"Pada tanggal 23 September ini Raja Abdul Aziz menyelesaikan penyatuan Arab Saudi sehingga dua kota suci bisa bersatu," ujar Mustafa di Jakarta.

Saat ini, ia melanjutkan, Arab Saudi telah menjadi kekuatan yang berarti di Semenanjung Arabia. Ia meyakini Arab Saudi akan semakin maju di masa mendatang di bawah kepemimpinan keturunan Raja Abdul Aziz.

Mustafa juga berharap persahabatan dan kerja sama Arab Saudi dengan Indonesia yang sudah baik akan menjadi semakin baik. Sebab, Indonesia dengan Arab Saudi punya hubungan sejarah yang panjang.

Selain urusan Haji, Indonesia dan Arab Saudi juga telah lama menjalin hubungan lainnya baik di sektor perdagangan, perindustrian, pendidikan dan juga pariwisata.

"Kami tidak akan puas dengan perkembangan ekonomi dan pariwisata yang terjalin selama ini dan akan terus kita tingkatkan," kata Mustafa.

Nilai hubungan ekonomi Indonesia dengan Arab Saudi menurut Mustafa mencapai US$7 miliar. Angka ini menurutnya harus terus ditingkatkan baik dari sisi ekonomi ataupun pariwisata.

Ia berharap lebih banyak warganya yang berkunjung ke Indonesia dan juga warga Indonesia yang berkunjung ke Arab Saudi. Selain itu, pertukaran pelajar baik pelajar di antara kedua negara juga diharapkan makin intensif.

Ledakan Terdengar di Bandara hingga Pusat Nuklir Iran

"Tentu kita senang bermitra dengna negara muslim terbesar di dunia, dan kita juga akan terus meningkatkan kerjasama ini," ujarnya.

Dalam perayaan hari nasional ini juga tampak hadir pejabat-pejabat dari Indonesia seperti Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring dan Wakil Menteri Agama, Nazarudin Umar.

Tunggal putra Jepang, Kento Momota

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Two-time world champion Kento Momota announced on Thursday his resignation from international badminton, admitting he had never been the same since a serious car crash fo

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024