Prangko Tintin di Pulau Komodo Dirilis

Perangko Tintin di Pulau Komodo
Sumber :
  • KBRI Belgia

VIVAnews - Tintin berpetualang ke Pulau Komodo dan Bandara Kemayoran. Pesawat yang ditumpangi wartawan petualang itu dibajak musuh bebuyutannya ketika berencana melakukan penerbangan dari London ke Sidney, Australia.

Tintin bersama rekan-rekannya, Kapten Haddock, Profesor Calculus dan anjing kesayangannya, Snowy, ketika itu hendak menghadiri sebuah seminar astrologi.

Mereka terdampar di sebuah pulau. Di sana Tintin melihat seekor kadal raksasa yang disebut komodo. Di pulau itu dia juga menemukan banyak hal-hal baru yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Tintin berusaha menyelamatkan diri, sebelum akhirnya dia bisa keluar dari pulau itu.

Bagi penggemar tokoh komik asal Belgia itu, pasti sudah tahu bahwa Tintin pernah berpetualang di Indonesia dan kepulauan pasifik. Petualangan itu dimuat dalam salah satu buku komiknya berjudul "Penerbangan 714". 

Dengan settingan waktu sekitar tahun 60-an, penerbangan itu harus transit di Bandara Kemayoran, Jakarta.

Dua adegan tokoh kartun karya George Remi atau Hergé di Indonesia ini diabadikan dalam bentuk prangko.

Dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia – Belgia yang ke-65 tahun, KBRI Brussel bekerjasama dengan Museum Hergé dan Moulinsart, perusahaan pemegang lisensi karya cipta Herge, serta B-Post (perusahaan pos Belgia), telah mendesain khusus prangko resmi Belgia

Prangko ini menjadi prangko resmi komunikasi KBRI Brussel di seluruh wilayah Belgia.

Dikemas sebagai bagian dari Resepsi Diplomatik memperingati HUT RI ke-69, peluncuran perangko secara resmi digelar pada 22 September 2014 di Brussels Square Panoramic Hall.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Acara dihadiri Dubes RI untuk Belgia, Uni Eropa dan Luksemburg, Arif Havas Oegroseno, Direktur beserta para desainer dari Museum Hergé dan Moulinsart, serta Wakil Menteri Luar Negeri Belgia, Dubes Jan Van Dessel.

Disaksikan oleh para Dubes negara-negara sahabat yang berada di Brussel, anggota Parlemen Eropa dan Komisi Eropa, serta tokoh-tokoh masyarakat Belgia, akademisi, kalangan pengusaha, penggiat seni budaya. Acara berlangsung meriah dan mendapatkan banyak pujian atas kreativitas KBRI Brussel dalam memanfaatkan Tintin sebagai simbol persahabatan Indonesia dan Belgia.
 
"Tahun 2014 adalah tahun yang penting dalam hubungan Indonesia dan Belgia, karena banyak inisitif di bidang politik, ekonomi, pendidikan dan budaya yang dilakukan dalam empat tahun terakhir ini," ujar Dubes Havas, Rabu. 24 September 2014.

Selanjutnya, Dubes Havas menyinggung salah satu capaian hubungan investasi Indonesia dan Belgia yang tercermin dari masuknya investasi sebesar 10 Juta Euro oleh Solvay, sebuah perusahaan berbasis teknologi asal Belgia di Indonesia.

Selain itu, dibentuknya program studi kajian Islam S2 pertama yang penyusunan kurikulumnya dibantu sepenuhnya oleh Indonesia di universitas Katholik tertua di Eropa, Katholieke Universiteit Leuven. (ms)

Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024