India-China Sepakat Akhiri Konflik Perbatasan

Perbatasan India-China di dataran tinggi Himalaya
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - India dan China telah sepakat untuk menarik mundur pasukan dari dataran tinggi Himalaya, mengakhiri ketegangan militer terbesar kedua negara bertetangga itu dalam setahun terakhir. Demikian dilansir dari Reuters, Jumat, 26 September.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Sedikitnya 1.000 tentara dikerahkan masing-masing negara ke Ladakh, wilayah perbatasan yang diperebutkan. Menteri Luar Negeri (Menlu) India Sushma Swaraj mengatakan bertemu dengan Menlu China Wang Yi di New York. Keduanya sepakat menarik mundur pasukan, hingga akhir September.

"Fase yang terburuk sudah selesai," kata Sushma.

Datang Sebagai Turis ke Jerman, Malah Dikira Imigran

China mengalahkan India dalam perang singkat pada 1962 dan sejak itu perbatasan terus menjadi perdebatan, sekalipun telah digelar 17 kali pembicaraan. Kedua negara bahkan tidak dapat menyepakati Garis Kendali Aktual atau garis gencatan senjata.

Perkembangan dalam penyelesaian ketegangan terjadi setelah kunjungan Presiden China Xi Jinping ke India, bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi, pekan lalu. Keduanya menandatangani sejumlah perjanjian penting di bidang perdagangan, serta kontrak proyek infrastruktur.

Mantan Presiden Filipina ke China Bahas Sengketa Wilayah

Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan resmi terkait pertemuan dua menlu, tidak menyebut tentang ketegangan perbatasan, hanya menyebut bahwa kedua negara harus mengikuti rencana strategis pembangunan relasi bilateral yang telah disepakati para pemimpin kedua negara. (ms)

Salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan

"Kepulauan Spratly adalah hak sah kami untuk mempertahankannya".

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016