VIDEO: Menengok Parkir Robotik Canggih di Berbagai Negara

Parkir bawah tanah di Knightsbridge, London
Sumber :
  • Dailymail
VIVAnews - Parkir susun atau puzzle parking merupakan model parkir yang dibuat untuk menyiasati kondisi lahan yang terbatas. Di Jakarta, model parkir susun sudah diterapkan di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana. 
Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Selain di Jakarta, sistem parkir susun ini juga sudah diterapkan di sejumlah negara Asia seperti Korea, Hong Kong, Singapura, dan Jepang.
Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Di Jepang, parkir susun sudah lebih lama diberlakukan, sebab pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan banyaknya mobil yang berkeliaran di jalanan. Sehingga penataan lahan benar-benar diatur secara efektif.

Dengan teknologi canggih, Jepang menempatkan mobil-mobil tersebut dalam parkir susun mutakhir yang semuanya dijalankan oleh mesin. 

Dari Jepang, kita menuju Birmingham, Inggris, yang memiliki gedung parkir tercanggih di dunia yang berada di gedung pencakar langit The Cube. Pemiik mobil tak perlu kesulitan mencari tempat parkir karena pemilik hanya tinggal menempatkan mobil di tempat yang tersedia dan nanti akan dibawa ke tempat parkir oleh sebuah alat mekanis untuk ditaruh pada tempat yang tersedia.

Sebuah kota di Jerman juga menerapkan parkir canggih. Tak kalah dengan parkir di gedung The Cube, dengan sistem robotik, pemilik kendaraan hanya tinggal memantau di monitor ketika mobil mereka hendak diparkir atau diambil oleh alat mekanis.

Parkir susun di Jakarta

Bisa dikatakan gedung parkir model ini merupakan terobosan yang paling moderen dan canggih di Jakarta saat ini. Gedung parkir susun di RSCM Kencana mampu menampung hingga 96 mobil.

Dibangun sejak Mei 2010, gedung parkir susun ini memiliki 12 lantai seluas 176 meter persegi dan memiliki 24 slot sejenis rak, terbuat dari pelat baja, kabel, rantai, serta perangkat elektronik. Gedung tersebut juga dilengkapi empat lift canggih untuk menaikkan mobil ke lantai atas.

Pemilik mobil akan dibantu oleh petugas parkir untuk menempatkan kendaraannya di dalam slot parkir. Hanya butuh 40 detik dalam proses penempatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya