Palestina Susun Resolusi untuk Akhiri Pendudukan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVAnews - Palestina telah menyusun sebuah resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang menyerukan diakhirinya pendudukan Israel pada November 2016. Usul Palestina telah disosialisasikan secara informal pada negara-negara Arab dan anggota DK.

Dilansir dari Reuters, Kamis, 2 Oktober, usul resolusi yang mengatur penarikan penuh Israel dari seluruh wilayah Palestina yang diduduki sejak 1967, termasuk Yerusalem Timur, hanya dapat disirkulasikan ke seluruh anggota oleh anggota DK.

Rancangan resolusi dipastikan bakal mendapat  tentangan dari anggota tetap DK pemegang hak veto seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis yang selama ini telah menjadi pelindung semua pelanggaran Israel di DK PBB.

"Kami mengetahui tentang rencana Presiden (Palestina) Abbas dan kami tetap meyakini, bahwa satu-satunya cara menegosiasikan solusi adalah melalui negosiasi diantara kedua pihak," kata Duta Besar AS untuk PBB Samantha Power.

Israel menerima solusi dua negara, yang mengatur Palestina sebagai negara independen, namun tidak menerima pengaturan garis perbatasan pada 1967 sebagai dasar dari negosiasi akhir.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan pada Sidang Umum PBB, pekan lalu, tidak ada nilai yang bisa dicapai dalam pembicaraan damai dengan Israel, kecuali diakhirinya 47 tahun pendudukan Israel ada dalam kerangka pembicaraan. (ita)
Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman
Sheffield United vs Manchester United di Premier League 2023/2024

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Manchester United akan menghadapi Sheffield United dalam lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024