Dilepasliarkan Putin, Harimau Menyeberang ke Tiongkok

Ilustrasi Harimau Siberia
Sumber :
  • iStock
VIVAnews –
Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Pada Mei 2014 silam, Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan melepasliarkan tiga harimau Siberia. Putin berharap, dengan dikembalikannya ketiga satwa langka tersebut ke alam liar, populasi mereka bisa bertambah secara alami.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Namun, baru-baru ini, harimau siberia bernama Kuzya yang dilepasliarkan Putin itu, terlihat menyeberangi perbatasan dan memasuki wilayah Tiongkok. Kucing besar berloreng tersebut masuk ke Tiongkok melalui Siberia dalam penjelajahannya mencari mangsa.
Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri


Dilansir
BBC
, otoritas Tiongkok telah memeringatkan warga di sekitar perbatasan untuk tidak mengganggu bahkan membunuh satwa langka tersebut.


Kuzya terlacak berkat alat pelacak elektronik yang terpasang di tubuhnya. Pemerintah Tiongkok terus memonitor pergerakan Kuzya di Taman Nasional Taipinggou, timur laut Tiongkok, tempat kucing besar itu tersesat.


Direktur Taman Nasional Taipinggou Chen Zhigang mengatakan pada kantor berita Tiongkok, Kuzya tidak akan kelaparan. Pasalnya, pemerintah Tiongkok akan memberikan mangsa bagi Kuzya jika diperlukan.


“Kami juga sudah menghubungi pihak pemerintah Rusia dan menginformasikan mereka mengenai keberadaan Kuzya. Kami berniat baik melindungi harimau tersebut,” tutur Chen.


Di Rusia sendiri terdapat 400 harimau siberia yang masih hidup liar di alam.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya