Pemerintah Hong Kong Tawarkan Solusi ke Pemrotes

Kepala Eksekutif Hong Kong, Leung Chun-ying.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip
VIVAnews
Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
- Kepala Eksekutif Hong Kong Leung Chun-ying, hari ini, mengatakan ada ruang untuk membuat Komite Nominasi lebih demokratis. Komentarnya menjadi isyarat kemungkinan konsesi yang ditawarkan bagi pemrotes pro-demokrasi.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Dikutip oleh
Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang
Reuters , Selasa 21 Oktober 2014, Leung mengatakan ada ruang untuk mendiskusikan pembentukan komite yang bertugas menyeleksi kandidat dalam pemilihan langsung kepala eksekutif Hong Kong pada 2017.


Puluhan ribu pelajar Hong Kong menggelar demonstrasi sejak 26 September lalu. Mereka memprotes kebijakan Beijing yang dianggap akan membatasi demokrasi. Beijing setuju Hong Kong mengimplementasikan pemilihan langsung pertama kalinya dalam pemilihan kepala eksekutif 2017.


Sementara pemilihan langsung parlemen akan dilakukan pada 2020. Namun Beijing mengatur kandidat yang dapat ikut dalam pemilihan harus melalui seleksi komite, yang diyakini akan berisi orang-orang pro-Beijing.


Oleh karena itu tawaran Leung untuk membahas proses pembentukan komite nominasi yang lebih demokratis, dapat menjadi solusi terbaik bagi pemrotes tanpa mengharuskan Beijing membatalkan kebijakannya. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya