Boeing dan China Olah Jelantah Jadi Bahan Bakar Jet

ilustrasi minyak goreng.
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia
- Boeing dan perusahaan pembuat pesawat komersial China telah menyepakati proyek bersama untuk memanfaatkan minyak goreng bekas pakai, menjadi bahan bakar pesawat jet. Demikian pernyataan resmi Boeing yang dikutip Reuters sore ini.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Pabrik yang akan dibangun di kota Hangzhou disebut dapat mengonversikan 240.000 liter minyak bekas pakai per tahun. Proyek bersama itu akan memungkinkan kedua perusahaan melakukan uji viabilitas, produksi bahan bakar alternatif menggunakan bahan yang murah.
Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta


Boeing dan perusahaan China memperkirakan dapat memproduksi 1,8 triliun liter bahan bakar alternatif per tahun dari minyak goreng bekas. Pada Februari lalu, Badan Penerbangan Sipil China telah memberikan izin bagi perusahaan Sinopec Corp untuk memproduksi bahan bakar jet dari minyak goreng.


Minyak goreng bekas sejak lama menjadi masalah terkait dengan kesehatan di China, karena banyaknya kasus penggunaan minyak bekas pakai di restoran. Pada akhir 2013, pengadilan China menjatuhkan vonis seumur hidup untuk seorang pria yang membuat dan memperdagangkan minyak goreng bekas.


Media China pada 2010 melaporkan adanya jaringan kejahatan, yang secara khusus mengumpulkan minyak goreng bekas lalu mengemas dan menjualnya sebagai minyak goreng baru. Selama dua tahun terakhir, puluhan orang ditangkap terkait kasus itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya