Menteri Baru Kembali Jadi Masalah untuk PM Jepang

Menteri Perdagangan dan Industri Jepang yang baru, Yoichi Miyazawa.
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai
VIVAnews
Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
- Yoichi Miyazawa yang ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan dan Industri, menggantikan Yuko Obuchi, yang mundur karena skandal keuangan pekan lalu, kembali menjadi masalah bagi Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Miyazawa, Kamis 23 Oktober 2014, membenarkan kabar bahwa kelompok pendukungnya telah menghabiskan uang pada sebuah bar cabul. "Benar ada pengeluaran itu. Tetapi, Saya tidak pergi ke sana (bar) sama sekali," kata Miyazawa yang dikutip
Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Reuters siang ini.


Media Jepang
Kyodo News
, menyebut Miyazawa-kai yang merupakan kelompok pendukung Miyazawa tercatat mengeluarkan dana hiburan sebesar US$170 pada 6 September 2010 lalu. Namun,
Kyodo
tidak menyebut ada keanehan, atau dugaan penyimpangan dalam data keuangan yang dilaporkan.


Kasus Miyazawa tidak seberat dua menteri Jepang yang mengundurkan diri pekan lalu. Yuko Obuchi mengundurkan diri ,setelah kelompok pendukungnya dituding menyalahgunakan dana politik. Obuchi memutuskan mundur, agar tidak mengganggu pemerintahan Abe.


Menteri Hukum Midori Matsushima juga mengundurkan diri pada hari yang sama dengan Obuchi. Kelompok pendukungnya dituduh melanggar Undang-undang Pemilu. Walau tidak terlibat, Matsushima juga memutuskan untuk turut bertanggung jawab. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya