Pejuang Cantik Kurdi yang Dipenggal ISIS Masih Hidup?

Rehana menjadi ikon pejuang wanita Kurdi setelah fotonya tersebar di internet
Sumber :
  • Twitter
VIVAnews - Rehana, pejuang wanita Kurdi yang sebelumnya dilaporkan dipenggal oleh kelompok Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS), diduga berhasil menyelamatkan diri. Informasi itu diterima oleh laman Dailymail pagi ini dari temannya. 
Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Dikutip dari Dailymail Selasa, 28 Oktober 2014, teman yang berprofesi sebagai jurnalis itu menyebut foto yang dipublikasikan ISIS memiliki bentuk wajah yang berbeda. Wanita di dalam foto, ujar jurnalis yang tidak ingin disebut namanya itu, adalah pejuang wanita Kurdi lainnya. 
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Kini, Rehana diyakini tinggal di bagian selatan Turki. 
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

"Dia teman saya dan saya bisa pastikan bahwa dia masih hidup. Foto pejuang wanita yang dipenggal bukan foto Rehana," ungkap jurnalis itu. 

Dia mengaku melihat Rehana meninggalkan kota Kobani saat terjadi peperangan di sana pekan lalu. Dia pun akhirnya dipaksa untuk meninggalkan Kobani. 

Rehana, kata jurnalis itu, diyakini kini tinggal sebagai seorang pengungsi di Turki. Kemungkinan di bagian selatan Provinsi ?anliurfa. Walau begitu, hingga saat ini dia masih kehilangan kontak dengan Rehana, sebab menjalani perjalanan terpisah. 

"Dia saat ini berada di Turki. Saya akan mencoba untuk memperoleh nomor teleponnya, karena saya telah kehilangan kontak. Dia berhasil dievakuasi dari Kobani dan saya masih tinggal di sana saat itu. Di awal pertempuran di Kobani, Rehana telah pergi," papar jurnalis itu. 

Dailymail juga berbicara dengan teman Rehana lainnya yang membenarkan foto pejuang wanita yang dieksekusi bukan Rehana. 

"Bentuk wajah [yang ada di foto itu] bukan dia," kata teman yang menolak memberikan identitasnya. 

Namun, jurnalis bernama Abdel Qader mengaku berhasil telah mengontak Rehana. Dia juga mengklarifikasi rumor yang menyebut Rehana telah membunuh 100 pejuang ISIS di Kobani. 

Menurut dia, rumor itu tidak benar. 

Kali pertama isu Rehana masih hidup bermula dari pengakuan jurnalis lepas Swedia, Carl Drott, yang mengaku telah bertemu dia di upacara Unit Pertahanan Wanita Kurdi (YPJ). Drott mengatakan wanita di foto itu sekilas mirip Rehana namun jika dilihat dari dekat terdapat perbedaan. 

Sebelumnya,. Setelah diberitakan, wanita muda itu menjadi ikon. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya