Pesawat Wisata Luar Angkasa Jatuh di California

Puing pesawat SpaceShipTwo Virgin Galactic
Sumber :
  • REUTERS/KNBC-TV
VIVAnews
Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
- Kejadian nahas menimpa perusahaan Virgin Galactic milik Richard Branson. Pesawat wisata luar angkasa untuk penumpang yang sedang mereka kembangkan jatuh dalam uji coba penerbangan yang mereka lakukan pada Jumat, 31 Oktober 2014 waktu Amerika Serikat.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Kecelakaan ini terjadi di Mojave
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara
Air and Space , California dan membunuh satu orang kru dan membuat beberapa kru luka berat. Kecelakaan pesawat ini merupakan yang pertama semenjak pesawat ini diuji coba pada bulan Januari lalu di gurun Mojave yang terletak 150 kilometer di utara Los Angeles.

Dilansir kantor berita 
Reuters
, kecelakaan ini terjadi setelah beberapa waktu lalu perusahaan swasta,
Orbital Sciences Corp
juga harus kehilangan pesawat luar angkasa mereka yang meledak setelah lepas landas.


Kecelakaan ini sendiri merupakan pukulan telak bagi industri pesawat luar angkasa yang baru saja berkembang. Bisnis yang dulu hanya dikelola oleh pemerintah Amerika ini sekarang ditargetkan untuk mencari keuntungan terutama di sektor pariwisata.


Dari siaran televisi di lokasi kecelakaan terlihat ada dua bagian besar pesawat yang tergeletak di tanah. Perusahaan secara resmi mengatakan pesawat tersebut telah hancur.


Kepolisian Kern County mengatakan puing-puing bekas ledakan tersebar hingga radius satu mil. Kopilot pesawat luar angkasa ini dilaporkan terbunuh dalam kecelakaan sedangkan pilot berhasil selamat setelah menggunakan pelontar dan terjun payung.


Juru bicara kepolisian Kern County, Ray Pruitt mengatakan sang pilot ditemukan selamat dan sudah dibawa menuju rumah sakit.


Chief Executive
pelabuhan luar angkasa, Stuart Witt, mengatakan pihaknya belum bisa memperkirakan apa penyebab kecelakaan ini. Saat ini, tim dari badan pengamanan transportasi Amerika Serikat sedang melakukan investigasi penyebab kecelakaan.


Berdasarkan keterangan
Federal Aviation Administration
, kecelakaan terjadi tidak lama setelah badan badan pesawat yang dinamakan
SpaceShipTwo
ini lepas dari jet pendorongnya.


Pemilik perusahaan, Richard Branson, melalui akun Twitternya mengatakan, ia sedang dalam perjalanan ke Mojave untuk melihat peristiwa nahas tersebut. Kepala Eksekutif Virgin Galactic, George Whitesides, mengatakan Branson diharapkan akan sampai pada Sabtu pagi waktu setempat.


"Luar angkasa sangat sulit, dan ini merupakan hari yang keras. Kita akan mendukung investigasi dan mencari tahu apa yang terjadi hari ini dan kita akan bisa melaluinya," katanya dalam konferensi pers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya