Sekjen PBB Ikut Antre Ingin Bertemu Jokowi

Jokowi Hadiri KTT ASEAN ke-25
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj
VIVAnews - Agenda Presiden Joko Widodo di KTT ke-25 ASEAN di kota Nay Pyi Taw, begitu padat. Selain mengikuti sembilan KTT, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, juga masih meladeni beberapa pemimpin negara yang antre untuk bisa bertemu empat mata dengannya. 
Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Rabu, 12 November 2014, dua pemimpin negara yang dipastikan akan bertemu Jokowi di sela KTT ASEAN yakni Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key. Menurut Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto, ketiga pemimpin negara tersebut baru bisa ditemui pada Kamis esok. 
5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

"Kemungkinan besar seluruhnya baru bisa ditemui besok, karena agenda hari ini penuh hingga pukul 22.00 waktu setempat," kata dia.
Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Menurut Andi, pertemuan tersebut merupakan kali pertama dengan ketiga pemimpin negara tersebut sejak Jokowi dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober lalu. Dalam pertemuan esok, akan dibahas mengenai hubungan bilateral kedua pihak. 

Selain itu, sosok PM Modi memiliki latar belakang yang sama dengan Jokowi. Dia menjadi pemimpin baru India, setelah memperoleh dukungan yang luar biasa dari kalangan bawah hingga ke puncak pimpinan di India. 

Sebelumnya, pada Rabu pagi, Jokowi telah bertemu dengan Presiden Myanmar, U Thein Sein. Pertemuan dilakukan selama 45 menit sebelum KTT ke-25 ASEAN dibuka secara resmi. 

Di sela kegiatannya pun, Jokowi dijadwalkan juga akan menyapa masyarakat Indonesia di Myanmar. 

Jokowi kini memang sedang menjadi magnet bagi publik dunia. Sebelumnya, saat di KTT APEC yang berlangsung di Beijing, mantan Wali Kota Solo itu, berhasil menyedot perhatian media. 

Beberapa pemimpin negara juga ingin bertemu Jokowi ketika berada di Beijing. Di antaranya, Presiden Rusia, Vladimir Putin, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Presiden Vietnam, Truong Tan Sang. Bahkan, Jokowi menjadi orang pertama yang ditemui Obama begitu dia mendarat di Beijing. 

Ribuan CEO dari berbagai dunia pun bertepuk tangan riuh ketika mendengar pemaparan Jokowi di ajang APEC CEO Summit 2014. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya