Media Australia Pasang Karikatur Jokowi Jadi "Tukang Masak"

Sampul tabloid Australia buat karikatur Jokowi sedang pesta
Sumber :
  • Twitter
VIVAnews
Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan
- Tabloid Australia,
The Courier Mail,
Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya
pada sampul depan edisi Jumat 14 November, merilis gambar karikatur para pemimpin negara yang sedang menggelar pesta barbeque. Judulnya bernada nyinyir, " Welcome to Paradise
BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
."

Tampaknya itu merupakan sindiran media atas para pemimpin yang ikut dalam KTT G20 di Kota Brisbane, Australia, akhir pekan ini. Foto sampul yang menyebar di media sosial itu menggambarkan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemanggang daging, serta Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bertelanjang dada dengan celana renang.


Lalu Kanselir Jerman Angela Merkel sedang memeluk seekor Koala, dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenakan sebuah topi terbuat dari karton kemasan bir. Tulisan yang menyertai karikatur itu pada bagian dalam, berisi kecaman atas jatuhnya pesawat MH17.


Pada tulisan yang ditujukan untuk Putin, tabloid itu menyampaikan terima kasih atas kunjungannya ke Australia. "Tapi sebelum pertemuan dimulai, ada satu kata yang orang Australia ingin dengar - maaf."


Barat menuding Rusia terlibat dalam tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines di Ukraina, yang diyakini ditembak jatuh oleh pemberontak Ukraina menggunakan rudal yang dipasok oleh Rusia.


Namun berita tendensius media Australia itu tidak menyinggung bukti-bukti terbaru, yang mengungkap adanya upaya pemerintah Ukraina untuk menutupi kasus dengan memanipulasi, serta menghilangkan bukti-bukti yang dapat mengungkap fakta sebenarnya.


Tidak dijelaskan juga mengapa media Australia itu harus menggambarkan Jokowi mengenakan peci sebagai pemanggang daging. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya