Penangkapan Mas Slamet Kastari

Polri: Kastari Punya Singapura

VIVAnews - Buron kasus teroris, Mas Slamet Kastari berhasil ditangkap Kepolisian Malaysia pada 1 April 2009.  Gembong teroris itu ditangkap di tempat persembunyiaannya di Johor.

Dikonfirmasi, Juru Bicara Polisi, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan Polri tak punya kewenangan mengintervensi penanganan hukum terhadap Kastari. "Kastari itu punya Singapura, kita tidak punya kewenangan," kata Abubakar kepada VIVAnews, Jumat 8 Mei 2009.

Kastari, tambah Abubakar, adalah pelarian Singapura. " Kita membantu menangkap. Apabila yang menangkap dia polisi Indonesia, tentu akan kita ekspos. Tapi yang menangkap adalah polisi Malaysia, kita tak berwenang," tambah dia.

Abubakar lantas membantah Kastari juga melakukan aksi terorisme di Indonesia. "Di Indonesia tidak, hanya masalah imigrasi. Sudah diserahkan ke Singapura," tambah dia.

Kastari adalah pria berkebangsaan Singapura, dan merupakan pimpinan Jemaah Islamiah (JI) yang diburu Interpol sejak 2002. Sebagai ketua JI untuk wilayah Singapura, menjadi buronan nomor satu di negeri Singa Merlion, karena pernah tercium akan meledakkan Bandara Internasional Changi Singapura pada tahun 2002.

Menurut informasi, Indonesia juga termasuk wilayah operasi Kastari. Dia beberapa kali ditangkap jajaran Polri baik atas dugaan pelaku teror maupun masalah keimigrasian. Terakhir, 20 Januari 2006 Kastari ditangkap kembali karena menggunakan identitas palsu di Jawa.

Dengan tertangkapnya si buronan, pemerintah Singapura meminta Indonesia untuk mengekstradisi Kastari yang dinilai telah melakukan pelanggaran atas UU Keamanan Dalam Negeri Singapura.

Sejak itu, Kastari tercatat mendekam di balik terali besi, namun pada 27 Februari 2008 dia kabur dari penjara Whitley Road, Singapura. Belakangan, salah seorang anggota teroris yang diduga berada dalam satu jaringan dengan Kastari, berhasil ditangkap pihak Mabes Polri di daerah Palembang, Sumatera Selatan.

Kastari adalah gembong teroris yang paling dicari di Asia Tenggara setelah Noordin M Top.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024