Militer Mesir Siapkan Serangan, Sekolah-sekolah di Sinai Diliburkan

Militer Mesir di Sinar
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Pemerintah Mesir meliburkan sekolah-sekolah setempat hingga waktu yang tidak ditentukan di dua kota kawasan Sinai. Ini seiring persiapan militer untuk menghadapi perang yang semakin intensif atas kelompok militan setempat.

Penduduk lokal, seperti yang dikutip Reuters, Jumat 21 November, mengatakan pendidikan anak-anak mereka terlantar dengan terjadinya perang antara militer dan jihadis. Seorang guru di kota Syeikh Zuweid, mengatakan hidup warga juga dalam bahaya.

"Kadang kontak senjata terjadi antara militan dan pasukan pemerintah, dan kadang peluru mengenai warga," kata Mohamed. Serangan militan meningkat di Semenanjung Sinai, yang berbatasan dengan Israel, Gaza dan Terusan Suez, sejak dijatuhkannya Presiden Mursi.

Sedikitnya 33 pasukan keamanan tewas, Oktober, dan satu kelompok militan Sinar telah menyatakan sumpah setia pada ISIS. Sejak militan mulai melakukan serangan pada 24 Oktober, Mesir memberlakukan undang-undang darurat di sebagian Sinai.

Ratusan keluarga diungsikan, dan rumah mereka dihancurkan untuk membuat zona penyangga di sepanjang perbatasan Gaza, sekitar 350 kilometer dari Kairo. "Zona penyangga adalah bagian penting dari solusi," kata Presiden Abdel Fatah al-Sisi.

Pemerintah berharap dengan membersihkan wilayah dalam radius satu kilometer, dapat menghentikan pengiriman senjata dari Gaza ke Sinai melalui terowongan. Al-Sisi mengatakan sudah ada pengertian dari warga tentang perlunya zona penyangga untuk keamanan Mesir.

Jam malam diberlakukan, dan jaringan internet serta telepon diblokir untuk memutus komunikasi militan. Warga mengatakan mereka bahkan tidak bisa menghubungi polisi untuk menyampaikan informasi jika melihat militan.

Sedikitnya 10 warga sipil tewas di rumah mereka, pekan ini, saat terjadi kontak senjata antara militer dan militan. Pasukan keamanan mengatakan Mortir yang ditembakkan militan mengenai rumah warga.

Pejabat Mesir mengatakan langkah-langkah seperti meliburkan sekolah perlu dilakukan, untuk keamanan warga. Seorang sumber mengatakan militer merencanakan operasi besar dalam beberapa hari mendatang, dan tidak ingin ada warga yang terjebak pertempuran. (ren)

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Baca Juga:

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024