Menlu Jerman Tolak Ukraina Gabung NATO

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan
- Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier menentang Ukraina bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO). Pada wawancara dengan
Der Spiegel,
3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies
dia mengatakan NATO dapat bekerjasama dengan Ukraine, tapi bukan keanggotaan.
AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Dilansir dari
RT
, Minggu, 23 November, Steinmeier juga mengatakan tidak yakin bergabungnya Ukraina dengan Uni Eropa sesuatu yang realistis dalam waktu dekat. Menurutnya modernisasi ekonomi dan politik Ukraina merupakan rencana untuk beberapa generasi.


Dia juga mendesak Kiev melakukan reformasi untuk memerangi korupsi dan salah kelola perekonomian, menegaskan bahwa Kiev harus segera memulainya dan tidak boleh ada waktu terbuang. Sikap Steinmeier berbeda dengan Amerika Serikat (AS).


Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jeff Rathke, mengatakan bahwa Washington mendukung ambisi Ukraina untuk bergabung dengan NATO. Walau begitu, dia menyebut keputusan akhir harus dibuat oleh Kiev.


Rathke juga menambahkan bahwa posisi AS untuk membantu persenjataan bagi Ukraina belum berubah. Menurutnya, solusi militer masih menjadi sesuatu yang dipertimbangkan AS dalam hubungan Ukraina dengan Rusia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya