VIDEO: Rute Perjalanan Kereta Terpanjang di Dunia

Ilustrasi rel kereta
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Rekor rute terpanjang perjalanan kereta di dunia tak lama lagi bakal terpecahkan.  Sejauh ini rekor rute terpanjang adalah jalur Trans Siberian yang menghubungkan wilayah Rusia paling timur,  hingga Rusia bagian barat atau Moskow. Rute yang dinamakan Trans Siberia ini menempuh jarak 9.289 kilometer.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Kini rute China-Europe Block Train telah mengalahkan rekor, yang mana memiliki bentang rute 9.977 kilometer. Rute China-Europe ini mulai dari Yiwu, Tiongkok dan titik akhir, Madrid, Spanyol. Untuk menjalani rute ini, kereta harus menghabiskan total waktu 21 hari melewati China, Kazakhstan, Rusia, Belarusia, Polandia, Jerman, Prancis dan Spanyol.

Melansir Gizmodo, Senin, 24 November 2014, rute terpanjang ini merupakan bagian dari proyek New Silk Road atau Jalur Sutera baru. Rute ini merupakan ambisi Tiongkok untuk menghubungkan Asia dan Eropa dalam transportasi kargo lintas benua. Rute ini sekaligus untuk merevitalisasi perdagangan antar benua yang pada masa lalu sudah terjalin.

Kereta yang tengah menjalani rute terpanjang ini sudah berangkat dari Yiwu pada 18 November lalu, dan diperkirakan sampai di Madrid, 21 hari kemudian. Kereta mengangkut 82 muatan kontainer dari kawasan kota industri timur Tiongkok, Yiwu.

Disebutkan untuk membangun rute ini, pemerintah negeri Tirai Bambu itu menghabiskan dana awal US$40 miliar atau setara Rp487 triliun.



Baca juga:



Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024