Indonesia-Jepang Sepakat Buka Pintu Ekspor Ayam dan Sapi

Ilustrasi daging sapi Jepang, atau juga dikenal Wagyu.
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Jepang akhirnya membuka kembali pintu impor daging ayam olahan dari Indonesia, setelah satu dekade dihentikan terkait dengan resiko flu burung. Demikian disebut dalam keterangan pers Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Kamis 27 November 2014.

Indonesia dan Jepang disebut telah melakukan serangkaian konsultasi, sejak Januari 2014, yang akhirnya diselesaikan pada Selasa, 25 November. Konsultasi bilateral menghasilkan kesepakatan, yang memungkinkan Indonesia kembali mengekspor daging ayam olahan ke Jepang.

Namun ekspor akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan proses yang diatur berdasarkan peraturan Jepang dan Indonesia. Saat ini, ada dua fasilitas pengolahan daging ayam yang akan melakukan ekspor ke Jepang.

Kesepakatan juga mengatur eskpor daging sapi Jepang ke Indonesia, yang disebut terhenti akibat masalah sapi gila (BSE/Bovine Spongioform Encephalopaty). Untuk daging sapi, konsultasi telah dilakukan sejak Juni 2004.

Konsultasi bilateral soal ekspor daging sapi ke Indonesia itu diselesaikan pada Rabu, 26 November, atau sehari setelah tercapainya kesepakatan soal ekspor daging ayam olahan dari Indonesia ke Jepang.

Seperti halnya ekspor daging ayam olahan Indonesia, daging sapi Jepang juga akan dapat masuk ke Indonesia secara bertahap. Saat ini, baru ada satu sarana ekspor daging sapi ke Indonesia. (ren)

Simak Juga:

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024