Penjualan Senjata Naik Paska Kerusuhan Ferguson

Pemrotes memukul pria, yang berusaha mencegah perusakan toko saat demonstrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVAnews - Penjualan senjata di Missouri, Amerika Serikat (AS), meningkat sejak kerusuhan di Ferguson awal pekan ini, dipicu keputusan pengadilan dalam kasus penembakan seorang pemuda kulit hitam oleh polisi.

Seorang pemilik toko senjata di St Louis, yang dikutip dalam laporan PressTV, Kamis, 27 November, mengatakan penjualan senjata di tokonya meningkat enam kali lipat. Ribuan orang dilaporkan terlibat dalam demonstrasi di 100 kota AS, selama beberapa hari.

"Kita telah melihat peningkatan jumlah penjualan senjata, terutama karena orang memiliki ketakutan dengan apa yang terjadi di Ferguson. Terutama dua malam lalu, saat suara letusan senjata terdengar di mana-mana," kata seorang petugas polisi, Paul Bastean.

Bastean yang memiliki fasilitas tempat latihan menembak, mengatakan jumlah orang yang datang ke tempatnya meningkat. Ada sedikitnya 18.000 peluru ditembakkan, hanya dalam satu hari, pada Selasa 25 November lalu.

Kerusuhan besar terjadi di Ferguson, Senin 24 November, disertai perusakan dan pembakaran gedung, penjarahan, dan penyerangan. Kantor berita Reuters menyebut suasana telah mereda, pada Rabu, 26 November.

Kerusuhan dapat dihentikan setelah , untuk membantu polisi. Presiden AS Barack Obama, yang merupakan pemimpin kulit hitam pertama AS, tampak mulai berhati-hati dalam berkomentar setelah kerusuhan.

Sebelumnya, Senin, dia menyebut ada rasa tidak percaya yang mendalam, antara polisi dan minoritas (kulit hitam). Pernyataannya itu dinilai tidak membantu menenangkan situasi, bahkan turut mendorong pecahnya kerusuhan, pada Senin malam.

Penduduk Ferguson yang berjumlah 21.000 orang, terdiri dari 63 persen warga kulit hitam dan 34 persen orang kulit putih.

Simak Juga:

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang
Neta L

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Neta, pabrikan mobil listrik asal China, memperkenalkan empat model Neta L di pasar domestiknya. SUV berdesain modern ini menarik perhatian dengan teknologi canggih dan j

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024