Singapura Tertarik Garap Sektor Maritim Indonesia

Menlu RI, Retno Marsudi bersama Menlu Singapura, K. Shanmugam
Sumber :
  • Direktorat Info Media Kemenlu RI
VIVAnews - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, pada Rabu, 26 November 2014 melakukan kunjungan kerja ke Singapura selama satu hari untuk bertemu Menlu K. Shanmugam. Dalam kunjungan pertamanya sebagai Menlu, Retno dan Shanmugam seoakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi. 
Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, pada Kamis, 27 November 2014 di Jakarta Pusat. Tene mengatakan Negeri Singa sangat berminat untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur kelautan. 
Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

"Tentu bagian dari infrastruktur kelautan itu termasuk pembangunan pelabuhan dan pengadaan kapal," kata Tene.
Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas di Tempat Penyimpanan Dupa, Diduga Dibunuh Tantenya

Bahkan, dalam pekan ini, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Teo Ser Luck, berkunjung ke Jakarta dan turut memboyong 25 delegasi pengusaha dari sana. Mereka mengaku tertarik untuk ikut menggarap proyek tol laut. 

Dari kunjungan para pengusaha itu, diteken sebuah MoU mengenai "Global Collaboration for Packaged Power Generating Sets and Heat Recovery Solutions" antara perusahaan Cyclect Energy Pte Ltd Singapura dengan Berkat Manunggal Jaya (BMJ) Indonesia, di Semarang pada hari ini. 

Selain itu, Retno turut meminta agar akses produk sayur dan buah asal Indonesia bisa lebih gencar dipasarkan di Singapura. 

Kedua Menlu juga membahas mengenai kesempatan kerja. Dari keterangan Kemlu, peluang tersebut ada di sektor formal seperti industri perawat orang tua di panti jompo atau caregiver

Kunjungan Menlu Retno selanjutnya akan dibalas dua pekan kemudian. Rencananya, Shanmugam akan berkunjung ke Jakarta.

"Salah satu agenda dari kunjungan tersebut, yakni untuk menandatangani MoU di bidang kepemudaan dan olah raga. Kedua Menlu juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama pelatihan diplomat," imbuh Tene. 

Negeri Singa, merupakan salah satu negara tetangan terdekat bagi Indonesia dan merupakan mitra di berbagai bidang. Data Kemlu mencatat, total perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$42,26 miliar di tahun 2013 lalu. 

Dengan angka tersebut menjadikan Singapura sebagai mitra dagang ketiga bagi RI. Sementara, tahun lalu, investasi Singapura di Indonesia mencapai US$4,67 miliar. (ren)

Baca juga: 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya