Malaysia Tetap Subsidi BBM untuk Transportasi Publik dan Nelayan

Ilustrasi
Sumber :
  • Reuters/Bazuki Muhammad
VIVAnews
Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
- Malaysia akan mulai memberlakukan harga bahan bakar minyak (BBM) tanpa subsidi, pada Senin, 1 Desember mendatang. Walau begitu, subsidi masih akan dipertahankan untuk dua sektor yang dianggap penting.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Sekjen Kementerian Perdagangan Alias Ahmad yang dikutip
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
The Star , Jumat, 28 November, mengatakan transportasi publik dan kapal nelayan tetap akan memperoleh subsidi, dengan harga RM 1,68 atau Rp6.100 per liter.


"Mereka adalah pemegang kartu armada, dalam kelompok 11 tipe kendaraan yang mendapat subsidi," kata Ahmad. Di antara 11 tipe kendaraan yang mendapat subsidi antara lain taksi, ambulans, dan bus sekolah.


Pemerintah Malaysia mengumumkan harga jual BBM untuk RON95 dan diesel, akan ditentukan dan sistem mengambang terkendali. Harga jual akan ditentukan, berdasar pada harga rata-rata minyak dunia per bulan.


Harga untuk RON95 dan diesel untuk Desember, akan diumumkan akhir pekan ini, berdasarkan rata-rata harga minyak dunia antara 20-30 November. Harga RON95 saat ini adalah RM2,3 atau sekitar Rp8.300 per liter.


Turunnya harga minyak mentah dunia, diyakini akan membuat harga jual BBM juga akan turun, walau subsidi sudah dihentikan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya