Saat Walikota London Terkesima Car Free Day Jakarta

Wali Kota London, Boris Johnson, tengah bersepda di CFD
Sumber :
  • Santi Dewi
VIVAnews
Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas
- Ada yang berbeda di Bunderan Hotel Indonesia pada Minggu, 30 November 2014. Selain dipadati oleh warga Jakarta dan daerah sekitarnya, Car Free Day hari ini, ada juga Walikota London, Boris Johnson.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

Dari pantauan
5 Fakta Mengejutkan di Balik Kasus Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu
VIVAnews , Johnson tiba di Bunderan HI sekitar pukul 06.45 WIB. Dia menggowes sepeda lipat dari arah Hotel Kempenski Indonesia. Tiba dan membaur bersama warga Jakarta, Johnson mengenakan atribut dengan nuansa Inggris.



Mulai dari topi, kaos dan tas kecil yang diletakkan di bagian depan sepeda, semua memiliki gambar bendera kebanggaan Inggris, Union Jack. Duta Besar Kerajaan Inggris untuk RI, Moazzam Malik terlihat ikut mendampingi.


Tak berapa lama, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau yang akrab disapa Ahok tiba dari arah Hotel Pullman dengan berjalan kaki. Ahok yang mengenakan kaos berkerah berwarna hitam tiba sekitar pukul 07.00 WIB.

Gubernur DKI, Basuki T Purnama dan Wali Kota London, Boris Johnson.


Kepada media yang menemuinya, Johnson mengaku terkesima dengan suasana di kegiatan CFD. Pemandangan semacam ini, jarang ditemui di kota-kota di negara lain, bahkan di Inggris sendiri.


"Keliatannya sulit membangunkan warga London untuk berolahraga dan membaur pada jam seperti saat ini dan di akhir pekan pula. Oleh sebab itu saya salut terhadap warga Jakarta," ujarnya.


Namun, dia mengatakan, sepeda juga sudah menjadi budaya warga London. Kepada Ahok, Johnson menyerahkan satu buah sepeda untuk diletakka di Monas.


Sebelumnya, Johnson telah bertemu Ahok di kediaman dinasnya di Jalan Taman Suropati pada Sabtu malam kemarin. Kedua pemimpin kota metropolitan dunia itu saling bertukar pengalaman ketika mengelola masing-masing ibukota negara.


Ahok tertarik mendengar pemaparan Johnson dalam menyiapkan London sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2012 silam. Sebab, Jakarta sendiri pada 2018 mendatang akan bersiap menjadi tuan rumah Asian Games.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya